Terlibat Korupsi 23 ASN Sulbar Dipecat

Terlibat Korupsi 23 ASN Sulbar Dipecat

Sebanyak 23 ASN dipecat Pemprov Sulbar karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Putusannya pun sudah ditetapkan pengadilan.

Gubernur Bela ASN yang Dipecat Belum Tentu Bersalah

Konten.co.id (Sulawesi Barat) – Gubernur Sulawesi Barat menandatangani Surat Keputusan (SK) pemberhentian terhadap 23 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sulbar, Senin (3/3/2019). ASN tersebut diberhentikan lantaran terbukti terlibat pidana korupsi.

Sekda Provinsi Sulbar, Muhammad Idris mengatakan, kebijakan itu sudah mutlak. Meski ada beberapa pihak yang menolak dan berusaha bertahan melawan. Pemprov harus patuh terhadap perintah pusat.

“Itu sudah kebijakan pusat. Kami harus laksanakan,” ujar Idris, Selasa (4/3/2019).

Terbitnya Surat Keputusan (SK) pemberhentian itu, maka kemudahan maupun tanggung jawab hal yang melekat dengan posisi masing-masing, juga dihentikan. Termasuk gaji bagi 23 ASN tersebut.

“Seperti gaji mereka, itu sudah tidak ada,” katanya.

Instruksi pemerintah pusat terkait pemecatan oknum ASN korup, diperkuat melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) KemenPANRB, Kemendagri, dan BKN. SKB itu menjelaskan tentang penegakan hukum terhadap oknum ASN yang mendapat putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana korupsi.

Pemerintah pusat sendiri telah meminta agar pemberhentian terhadap ASN korup di seluruh Indonesia, termasuk Sulbar. Surat tersebut sudah ditembuskan ke Jakarta paling lambat 31 Desember 2018.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar sebelumnya mengaku sangat berat memproses permintaan tersebut. Menurutnya belum tentu ke 23 ASN tersebut benar- benar berbuat korupsi.

“Disayangkan, belum tentu mereka ini yang dipecat adalah yang berbuat,” ujar Ali. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *