Tambah Kreativitas Dengan Mading Online

Tambah Kreativitas Dengan Mading Online

Segala hal negatif di internet banyak bermunculan. Para pelajar pun dilatih untuk bisa menangkal paham negatif di internet dengan membuat mading online.

Tingkatkan Literasi Digital di Kalangan Pelajar

Konten.co.id – Cameo Project, Maarif Institute, Love Frankie, Peace Generation, dan Yayasan Ruang Guru yang berkolaborasi dengan Google.org mengajak para anak muda yang hobi membuat konten untuk menciptakan karya positif dan kreatif.

Kolaborasi itu diwujudkan dengan membentuk Creator Muda Academy sebagai wadah bagi pelajar untuk bersaing secara kompetitif dan menggunakan teknologi secara maksimal.

Salah satunya dengan mengekspresikan melalui majalah dinding secara online yang dikenalkan dalam madingsekolah.id.

Website madingsekolah.id diharapkan mengakomodir seluruh pelajar antarsekolah bahkan antarpulau yang mau mengunggah karya-karyanya.

Public Policy and Government Relations Senior Analyst Google Indonesia Ryan Rahardjo mengatakan, para Creator Muda Academy telah dibentuk di sepuluh kota besar di Indonesia.

Di antaranya, Jakarta, Yogyakarta, Malang, Semarang, Manado, dan Mataram. Mereka mendapat pelatihan multimedia dan jurnalisme.

Madingsekolah.id merupakan bagian dari proyek Indonesia Spirit Rejuvenation (Inspire) yang diprakarsai oleh Google.org.

Proyek itu bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan membangun ketahanan pelajar terhadap segala hal negatif di internet.

“Sekaligus juga mempromosikan nilai-nilai toleransi,” ujar Ryan, Rabu (6/3).

Salah seorang anggota Cameo Project Martin Anugrah menjelaskan, konten yang baik dinilai dari dampak dari hasil karya.

Menurut Martin, proses dianggap tak kalah penting penting sehingga untuk membuat konten yang kreatif dan sesuai dengan norma susila dapat diterapkan di dalamnya.

“Sebelum mereka membuat konten, kami akan bantu untuk sharing dan pelatihannya,” terang Martin.

Pada kesempatan tersebut, ada pula pemberian informasi tentang literasi digital bekerja sama dengan guru secara online yang akan dibantu oleh platform Ruang Guru.

“Tidak hanya pintar menulis, tetapi juga bisa mengembangkan bakat lain seperti menggambar, desain grafis, fotografi dan videografi. Semuanya bisa diunggah dalam madingsekolah.id,” tambah Martin. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan