Tagar #AdzanBukanPanggilanNgopi Ramai Di Twitter, Ini Kata BPN

Tagar #AdzanBukanPanggilanNgopi Ramai Di Twitter, Ini Kata BPN

Prabowo yang meminum kopi saat azan berkumandang menimbulkan komentar warganet. Hingga muncul sebuah tagar karena aksi Prabowo itu.

Gegara Ngopi, Warganet Bikin Tagar #AdzanBukanPanggilanNgopi

Konten.co.id – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto refleks minum kopi saat terdengar azan berkumandang di tengah kampanye akbar perdananya di Manado, Sulawesi Utara, Minggu (24/3/2019). Hal tersebut memicu munculnya tanda pagar #AdzanBukanPanggilanNgopi yang sempat menjadi trending urutan pertama di twitter.

Rata-rata trending #AdzanBukanPanggilanNgopi menyindir aktivitas Prabowo itu. Banyak juga yang menyayangkan momen Prabowo berhenti pidato saat azan berkumandang tersebut.

Disamping itu, menurutnya, Prabowo tidak melakukan sikap yang dilarang ajaran agama Islam ketika azan. Karena hanya meminum kopi, bukan melakukan tindakan maksiat.

Seperti akun @Budilaks152 yang menulis
Waduh….#AdzanBukanPanggilanNgopi

Sementara akun @anandasukarlan menulis “Kalau pada nyebar hoax bhw Jokowi bakal ngelarang adzan (kalau bener, kenapa ga dari 4 th yg lalu?), tapi sendirinya malah ngopi kalau ada adzan, berarti Jokowi bakal ngelarang ngopi? Gawat nih … #AdzanBukanPanggilanNgopi”

Menanggapi hal tersebut, Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sodik Mujahid mengatakan sikap meminum kopi saat mendengar azan, tidak hanya dilakukan oleh Prabowo saja. Karena, sikap tersebut juga dilakukan oleh Kiai maupun Ustaz.

“Penggunaan sebagian waktu mendengar azan untuk minum kopi sering dilakukan oleh banyak orang, bukan hanya oleh Prabowo, termasuk oleh para kiai atau para ustaz,” ujarnya dilansir Tagar News, Selasa (26/3/2019) malam.

Disamping itu, menurutnya, Prabowo tidak melakukan sikap yang dilarang ajaran agama Islam ketika azan. Karena hanya meminum kopi, bukan melakukan tindakan maksiat.

“Yang tidak boleh adalah ketika azan melakukan tindakan-tindakan yang dilarang agama, seperti joget atau kegiatan maksiat,” tegasnya.

Jadi, Ketua Umum Partai Gerindra itu menurutnya, sudah bersikap sesuai budaya Rasulullah, yakni berhenti sejenak mendengarkan azan.

“Berhenti bicara saat ada azan adalah sebagai penghormatan atas azan sebagaimana menjadi budaya, bahkan tuntunan Rasul,” tandasnya

Peristiwa Prabowo menghentikan pidato saat azan lalu minum kopi terjadi saat pasangan Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019 itu berkampanye di Manado, Sulawesi Utara, Minggu (24/3/2019).

Ketika Prabowo berpidato di atas panggung, toa masjid di samping panggung kampanye mengumandangkan azan Zuhur. Prabowo memilih menghentikan pidatonya sebagai rasa hormat untuk panggilan ibadah. Namun, dia menyebut bisa istirahat sejenak sambil minum kopi. (AI)

Ahmad
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *