Siti Aisyah, TKW Indonesia Dinyatakan Bebas

Siti Aisyah, TKW Indonesia Dinyatakan Bebas

Malaysia menghentikan kasus pembunuhan Kim Jong- Nam. Dakwaan kepada warga Indonesia pun dicabut.

Sempat Dituduh Jadi Mata-Mata Korut

Konten.co.id (Malaysia) – Siti Aisyah, wanita Indonesia telah dibebaskan dari tahanan pada hari Senin (11/3/2019) setelah dua tahun ditahan atas tuduhan membunuh saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Nam.

Siti Aisyah dibebaskan setelah para jaksa tiba-tiba membatalkan tuduhan pembunuhan terhadapnya.

Siti Aisyah menangis dan memeluk teman terdakwanya, Doan Thi Huong dari Vietnam, sebelum meningalkan ruang sidang.

Dia mengatakan kepada wartawan bahwa pagi itu ia baru mengetahui jka ia akan dibebaskan.

“Saya terkejut dan sangat bahagia. Saya tidak menduga hari ini akan bebas,” ujarnya, dikutip Bloomberg.

Aisyah dan Huong didakwa mengusapkan gas saraf VX di wajah Kim Jong-Nam di bandara Kuala Lumpur Malaysia pada 13 Februari 2017. Keduanya menyangkal tuduhan pembunuhan yang dijeratkan terhadap mereka. 

Mereka mengira bahwa mereka terlibat dalam sebuah acara prank atau lelucon dan ditipu oleh sejumlah agen intelejen Korut, yang telah kabur dari Malaysia sesaat setelah pembunuhan berlangsung.

Baik Siti maupun Doan mengatakan bahwa mereka secara tidak sadar ditipu untuk melakukan pembunuhan terhadap Kim Jong-Nam.

Kim Jong-Nam adalah putra tertua dalam generasi keluarga penguasa Korea Utara. Dia telah tinggal di luar negeri selama bertahun-tahun tetapi dia tetap bisa dilihat sebagai ancaman terhadap pemerintahan Kim Jong-Un, Korea Utara.

Hakim Pengadilan Tinggi Negeri Malaysia menghentikan tuduhan pembunuhan terhadap Siti Aisyah dan membebaskannya tanpa memberikan alasannya.

Dilansir dari Bloomber Aisyah cepat dibawa keluar dari gedung pengadilan menuju Kedutaan Besar Republik Indonesia dan diharapkan akan segera pulang ke Jakarta.

Sedangkan Houng, menurut pengacaranya, Hisyam Teh Poh Teik, mengatakan mereka akan menunda persidangan. Ia mengatakan bahwa pembebasan Aisyah dirasa tidak adil untuk dirinya, karena tahun lalu hakim telah menemukan bukti yang kuat untuk kasus tersebut. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *