Sentani Dikepung Banjir, 5 Warga Meninggal

Sentani Dikepung Banjir, 5 Warga Meninggal

Banjir yang disebabkan hujan deras menyebabkan banjir di kawasan Sentani Papua. Selain menelan korban jiwa, ribuan warga harus mengungsi.

Akibat Banjir Sentani, Ribuan Warga Ngungsi

Konten.co.id – Kawasan Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, diterjang banjir, Sabtu (16/3). Lima warga dinyatakan meninggal usai terseret arus banjir.
Selain itu, ribuan warga di Kabupaten Jayapura, Papua, mengungsi ke tempat-tempat aman, menyusul banjir bandang yang melanda sedikitnya sembilan kelurahan di kabupaten tersebut, Sabtu (17/3/2019) malam.

Sejumlah pengungsi merupakan yang rumahnya tekena banjir cukup parah, diantaranya warga di Doyo Baru, Kemiri, dan Sentani di Kecamatan Sentani, Jayapura.

Sekitar pukul 20.30 WIT, Sentani dan sekitarnya terjadi bencana alam banjir kiriman yang diperkirakan dari Gunung Syklop

Banjir disebabkan hujan deras sejak pukul 18.00 WIT. Beberapa warga hanyut terseret banjir bandang. Wilayah Sentani Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua diterjang banjir pada pukul 21.30 WIT. Posko BNPB masih koordinasi dengan berbagai pihak untuk penanganan darurat.

Sampai Minggu (17/3/2019) dini hari, sudah ada lima jenazah di Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura, Papua, pasca- banjir bandang melanda Sentani.

“Sementara ada lima korban (tewas),” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura, Putu Agra Sujarwadi, dilansir Radar Cirebon, Minggu dini hari.

Menurutnya, kelima jenazah itu dua di antaranya masih dilakukan identifikasi. “Tiga sudah diidentifikasi, dan dua sementara diidentifikasi,” kata Putu.

Tiga jenazah kembali ditemukan tim SAR gabungan di Kampung Kemiri, Kelurahan Hinekombe, Distrik Sentani.

Tiga korban orang dewasa yang baru ditemukan terdiri dari dua pria dan satu wanita. Ketiga jenazah itu tiba di kantor SAR, Minggu dini hari pukul 01.00 WIT.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya mengatakan hujan deras yang mengguyur Kabupaten Jayapura, Papua mengakibatkan banjir bandang di Kecamatan Sentani, pada Sabtu (16/3/2019) sekitar pukul 21.30 WIT.

Sebelumnya hujan deras mengguyur daerah Jayapura sejak pukul 18.00 WIT. Akibatnya 9 kelurahan di Kecamatan Sentani diterjang banjir bandang.

Beberapa kawasan yang dilaporkan banjir di antaranya Doyo Baru, BTN Grand Doyo, BTN Gajah Mada, BTN Bintang Timur dan Kampung Toladan, kata Sumartono.

“Sekitar pukul 20.30 WIT, Sentani dan sekitarnya terjadi bencana alam banjir kiriman yang diperkirakan dari Gunung Syklop,” kata Komandan Lanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Wibowo Budi Santoso, dilansir CNN Indonesia dari Antara.

Terputusnya sejumlah fasilitas umum disebabkan material tanah, batu bahkan kayu dalam bentuk gelondongan dalam jumlah yang cukup banyak yang terbawa banjir.

Wibowo pun mengatakan debit air di Sungai Kemiri meluap sampai menggenangi empat unit rumah dan Masjid Ababil Lanud Silas Papare.

“Sekitar pukul 20.50 WIT, dilaporkan debit air bertambah dan menuju Mess Rajawali yang berada di Komplek Lanud Silas Papare. Namun tidak ada korban jiwa,” katanya. (ME)

Ahmad
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *