Sandi Ingin Hapus UN, Pengamat: Jangan Gegabah

Sandi Ingin Hapus UN, Pengamat: Jangan Gegabah

Dalam debat Cawapres, Sandiaga ingin menghapus UN dan mengganti dengan penelusuran bakat. Namun pengamat menilai hal itu terlalu gegabah.

Pengamat Setuju Gagasan Sandi, Tapi Jangan Hapus UN

Konten.co.id – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mewacanakan penghapusan Ujian Nasional (UN) jika terpilih sebagai wakil presiden. Namun, langkah itu dianggap gegabah karena UN sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

“Taruhlah dia terpilih, taruhlah, kemudian tahun depan dihapuskan, itu gegabah untuk kepentingan seluruh bangsa, itu terlalu gegabah,” ujar pengamat pendidikan dari Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Tukiman Taruno dilansir dari kumparan.com, Senin (18/3).

Meski demikian, Tukiman setuju dengan gagasan Sandi mengenai sistem penelusuran minat dan bakat dari siswa. Menurutnya, gagasan itu harus dikembangkan.

Tukiman mengatakan, penelusuran minat dan bakat memang penting dilakukan di dunia pendidikan Indonesia dan dilakukan mulai dari SD, SMP, hingga SMA. 

Tukiman memastikan sistem penelusuran minat dan bakat harus dibarengi dengan sistem UN.

“Ujian itu apapun namanya tetap penting, mau dilabeli nasional atau regional atau kemudian tingkat lebih rendah lagi silahkan, namanya ujian tetap ada. Kalau tidak ada sulit sekali ukur kemajuan anak,” ujarnya.

Tukiman menganggap UN merupakan tolok ukur dari kualitas pendidikan seorang siswa. Sistem ini sudah ada sejak lama, sehingga tidak mudah untuk mengubahnya.

“Itu tidak semudah itu karena itu sudah menjadi sistem sejak puluhan tahun, UN dipakai sebagai pengukur kualitas jadi tidak semudah itu kemudian mengubah UN,” pungkasnya. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *