Rocky Gerung Anggap Kegagalan Pemerintah Dimanipulasi Pers

Rocky Gerung Anggap Kegagalan Pemerintah Dimanipulasi Pers

Ahli Filsafat, Rocky Gerung menilai peran pers selama ini telah memanipulasi kegagalan pemerintah

Rocky Menilai Pers Telah Manipulasi Kegagalan Pemerintah 

Konten.co.id – Pemerintah dinilai gagal dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Kondisi ini diperparah oleh peran pers yang dianggap kerap memanipulasi kegagalan pemerintah, sehingga masyarakat tidak tahu kegagalan tersebut. Hal tersebut diungkapkan pengamat politik Rocky Gerung, Sabtu (2/3).

“Semua statistik yang diperlihatkan hari ini menunjukkan bahwa banyak kegagalan yang dilakukan pemerintah, tapi dimanipulasi melalui pers,” kata  Rocky saat melawat ke Palembang, Sumatera Selatan dalam tajuk pidato kebangsaan di Hotel Win Palembang, dilansir dari CNNIndonesia.com, Sabtu (2/3).

Kegagalan pemerintah ini dinilai Dosen Filsafat Universitas Indonesia itu, menjadi momentum untuk mengganti pemerintahan lama dengan pemerintahan baru.

“Saya ingin agar supaya Indonesia dipulihkan akal sehatnya, karena pesan konstitusi adalah setiap pemerintah harus mencerdaskan kehidupan bangsa. Itu tugas pemerintah,” katanya.

Rocky mengatakan, wajah ketidakadilan pemerintah tercermin dari apa yang disampaikan media massa dalam bentuk grafis.

“Setiap bangun pagi emak-emak harus menghemat, mengukur dompetnya, cukup enggak belanja keluarga hari itu. Itu urusan politlik. Menghitung sisa uang adalah tema politik karena menyangkut kebijakan negara,” katanya.

“Sebelum tidur juga emak-emak berpikir yang sama. Tersisa enggak hari itu uang untuk sekedar jajan anaknya yang SD. Kecemasan itu ada di mata emak-emak setiap hari. Saya bisa merasakan ketidakadilan dengan memandang mata manusia, bukan dengan mendengarkan pidato presiden. Itu keadaan kita hari ini,” tambahnya.

Dengan demikian, Rocky berharap kubu pasangan nomor urut 02 tetap mementingkan perdamaian dengan seluruh masyarakat yang berbeda pilihan.

Menurutnya, keakraban berwarganegara harus terjadi usai pemilu nanti. Olehkarenanya, upaya pengakraban warga negara harus dimulai dari sekarang.

“Jadi kita menginginkan agar setelah kemenangaan itu diperoleh, kita punya kurikulum berikutnya, yakni mengakrabkan warga negara. Dan itu harus kita mulai dari sekarang,” katanya.

Rocky mengatakan, eratnya persaudaraan melebihi kepentingan politik. Maka dari itu, semua pihak harus memiliki komitmen untuk memenangkan pemilu dengan cara yang beradab dan damai. (ME) 

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *