Puluhan Imigran Guatemala Tewas di Meksiko

Puluhan Imigran Guatemala Tewas di Meksiko

Sebanyak 23 orang tewas akibat kecelakaan di Meksiko. Puluhan orang itu merupakan imigran dari Guatemala.

Para Imigran Diduga Korban Penjualan Orang

Konten.co.id (Meksiko) – Sebuah truk yang mengangkut puluhan imigran Guatemala telah mengalami kecelakaan yang terjadi pada Kamis malam (7/3/2019) di Soyalo, Chiapas, Meksiko. Truk seberat tiga ton itu keluar dari jalur dari jalan raya dan terbalik.

Pada hari Jumat (8/3/2019) Otoritas Chiapas di Meksiko merevisi jumlah imigran Guatemala yang tewas dalam kecelakaan lalu lintas dari 25 menjadi 23. Sementara 33 warga Guatemala lainnya dirawat di rumah sakit.

Sepuluh dari 23 korban adalah perempuan dan 13 lainnya laki-laki. Di antara korban yang terluka adalah anak-anak di bawah umur.

Jaksa Agung Chiapas, Jorge Luis Llaven, mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki apakah ada perdagangan imigran dibalik kecelakaan tersebut karena pengemudi dan teman-temannya melarikan diri dari tempat kecelakaan.

Jaksa penuntut bekerjasama dengan konsulat Guatemala dan Mexican National Institute of Migration (INM) untuk menghubungi anggota keluarga sehingga dapat membantu mengidentifikasi para korban.

Kelompok imigran tersebut memasuki Meksiko pada 4 Maret 2019 di dekat Frontera Comapala di bagian Timur Laut Chiapas.

Menurut Llaven, para korban yang terluka mengatakan bahwa mereka orang-orang yang mengangkut mereka telah membawa mereka ke tiga lokasi berbeda.

“Ini adalah hal yang biasa bagi mereka yang melakukan kegiatan ilegal untuk menghindari pos pemeriksaan, mereka mencari jalan yang jarang diakses atau jalan yang tidak ada tinjauan dari pihak yang berwenang,” ungkap LLaven.

Kecelakaan tersebut menjadi jumlah kematian tertinggi imigran Amerika Tengah dalam beberapa tahun terakhir. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *