PSSI Akan Banding Soal Kasus Ezra Walian

PSSI Akan Banding Soal Kasus Ezra Walian

FIFA memutuskan Ezra Walian tak bisa memperkuat Timnas U-23. Alasannya karena sebelum naturalisasi, Ezra sudah bertanding untuk tim Belanda.

Ezra Tak Bisa Perkuat Timnas U-23 di Kualifikasi Piala AFC

Konten.co.id – Ezra Walian dipastikan tak bisa memperkuat Timnas di kualifikasi Piala AFC U-23. Sebelumnya status Ezra dipermasalahkan karena pernah tercatat memperkuat Belanda pada kompetisi resmi UEFA.

“PSSI menghormati keputusan FIFA. Namun, kita masih punya peluang untuk challenge terkait status Ezra,” kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria dilansir dari laman resmi PSSI, Jumat (22/3/2019).

Tisha menyebut jika PSSI sudah mengirim dokumen administrasi pemain naturisasi itu kepada AFC. Berupa sumpah kewarganegaraan, decree president, dan sebagainya. Setelah itu, AFC meminta agar PSSI mengirimkan surat dari Federasi sepak bola Belanda (KNVB) yang mengklarifikasi bahwa Ezra belum pernah bermain di timnas Belanda.

KNVB merespons yang di dalamnya ternyata mencantumkan bahwa Ezra pernah bermain di timnas U-17 Belanda pada ajang Piala Eropa tahun 2013.

Atas dasar itu, diketahui bahwa pemain 22 tahun itu sebelumnya pernah bermain di timnas pada kompetisi resmi sebelum ia mengajukan naturalisasi.

AFC lantas meminta PSSI untuk mendapat persetujuan dari FIFA. PSSI pun telah mengirimkan dokumen yang dibutuhkan oleh FIFA. Setelah diperiksa, FIFA tetap pada peraturannya bahwa Ezra tidak dapat berpindah asosiasi karena pernah bermain di kompetisi resmi sebelum naturalisasi.

Pada SEA Games 2017 lalu, Ezra bisa bermain untuk Indonesia, itu karena SEA Games tidak berada langsung di bawah yuridiksi AFC dan FIFA dan punya regulasi sendiri. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *