Pecundangi Marquez, Dovizioso Juara MotoGP Qatar 2019

Pecundangi Marquez, Dovizioso Juara MotoGP Qatar 2019

Pertarungan sengit terjadi pada seri MotoGP Qatar 2019. Sang juara bertahan, Marc Marquez saling menyalip dengan pembalap Ducati Andrea Dovizioso.

Nyaris Juara, Marquez Ditikung Dovi di Lap Terakhir

Konten.co.id (Qatar) – Mendapat perlawanan ketat dari sang juara MotoGP 2018, Marc Marquez, Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso akhirnya berhasil juara MotoGP Qatar 2019.

Dovizioso mendapat perlawanan ketat dari Marquez sejak awal start. Beberapa lap, keduanya bahkan bergantian saling mengisi posisi pertama. Hingga lap terakhir, Marc Marquez sempat berada di depan, namun Dovizioso berhasil memanfaatkan celah pada tikungan terakhir untuk menyalip The Baby Alien.

Dilansir CNNIndonesia, Fabio Quartararo jadi pembalap paling sial jelang start lantaran harus memulai balapan dari pit stop. Sanksi diberikan setelah mesinnya gagal menyala saat melakukan warming up lap.

Dovizioso terus memimpin balapan hingga menyisakan 18 lap. Namun pebalap Suzuki, Alex Rins membuat kejutan dengan sempat menyusul Marc Marquez dan Dovizioso sebelum Dovizioso kembali merebut posisi terdepan lewat kecepatan di trek lurus.

Dovizioso melakukan start yang bagus dengan langsung melesat ke posisi pertama di awal balapan. Dovizioso diikuti oleh Jack Miller dan Marc Marquez. Sementara itu Maverick Vinales gagal memanfaatkan pole position dan tertinggal ke posisi keenam.

Miller yang sempat ada di posisi kedua kemudian melakukan kesalahan saat ia kehilangan kecepatan dan tertinggal jauh ke posisi di luar 10 besar.

Dovizioso terus memimpin balapan hingga menyisakan 18 lap. Namun pebalap Suzuki, Alex Rins membuat kejutan dengan sempat menyusul Marc Marquez dan Dovizioso sebelum Dovizioso kembali merebut posisi terdepan lewat kecepatan di trek lurus.

Duel Rins lawan Marquez kemudian sempat terjadi pada lap ketujuh, dan Rins yang menunggangi Suzuki sempat melesat jadi pebalap terdepan. Rins terus memegang posisi pertama sebelum akhirnya kembali disusul oleh Dovizioso di lap ke-11.

Pada pertengahan balapan, Danilo Petrucci sempat muncul ke papan atas dengan menempel Dovizioso dan Marquez usai ia berhasil melewati Alex Rins dan Joan Mir.

Hingga balapan menyisakan 10 lap, jarak antar pebalap di papan atas masih rapat. Dovizioso dan Marquez masih ada di urutan terdepan namun ‘Baby Alien’ belum melakukan manuver untuk menyusul Dovizioso.

Dovizioso terus menjaga posisi terdepan hingga balapan menyisakan lima putaran, sementara Marquez terus direpotkan oleh serangan-serangan Alex Rins. Pembalap Suzuki itu berhasil berada di depan Marquez untuk menempel Dovizioso di posisi utama.

Saat balapan tersisa empat lap, Marquez mulai meninggalkan Rins dan meningkatkan tekanan pada Dovizioso. Marquez kemudian menyusul Dovizioso saat balapan menyisakan dua putaran setelah Dovizioso melakukan kesalahan.

Kesalahan Dovizioso dibayar kontan dengan menyusul Marquez di trek lurus jelang lap terakhir. Lap terakhir sempat diwarnai oleh keberhasilan Marquez menyusul Dovizioso di tikungan terakhir, namun pebalap Italia itu lalu mampu mengambil alih posisi pertama di momen berikutnya.

Sementara itu, sang juara dunia 9 kali MotoGP, Valentino Rossi sendiri tampil cukup bagus di seri MotoGP Qatar. Start dari nomor urut ke-14, Rossi mampu menyusul banyak pebalap dan mengakhiri balapan di posisi kelima, di belakang Cal Crutchlow dan Alex Rins. (ME)

Ahmad
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *