Parlemen Inggris Tiga Kali Menolak Usulan Theresa May

Parlemen Inggris Tiga Kali Menolak Usulan Theresa May

Inggris lagi-lagi belum menentukan pilihan untuk keluar dari Uni Eropa atau tetap bertahan. Belum ada keputusan yang diambil pemerintah Inggris.

Brexit Belum Jelas, Inggris Terdesak Tentukan Pilihan

Konten.co.id – Perdana Menteri Inggris, Theresa May untuk ketiga kalinya dikalahkan kembali terkait keputusan Inggris soal Brexit. Seharusnya Inggris meninggalkan Uni Eropa (UE) pada Jumat (29/3/2019).

Namun UE memberi waktu tambahan kepada Inggris hingga 12 April untuk mengusulkan solusi baru. Yakni meminta perpanjangan waktu atau keluar dari UE tanpa kesepakatan.

Inggris telah berlarut-larut dalam ketidakpastian Brexit setelah Perdana Menteri Theresa May kehilangan upaya terakhirnya untuk mendapatkan kesepakatan Brexit melalui parlemen.

Dilansir dari Sky News, Theresa May kalah dalam pemungutan suara di parlemen. Usulannya hanya didukung oleh 286 anggota dan 344 anggota lainnya menolak. 

Ini berarti Inggris telah melewatkan tenggat waktu Uni Eropa untuk mendapatkan perpanjangan hingga 22 Mei.

Sekarang Inggris memiliki waktu hingga 12 April untuk dapat menghasilkan jalan keluar untuk kesepakatan Brexit.

May mengatakan bahwa dirinya ingin menjaga agar ekonomi dan nilai tukar mata uang Poundsterling tidak jatuh jika mereka benar-benar meninggalkan UE. Jadi dia kembali mengusulkan beberapa usulan Brexit, meskipun tidak yakin akan lolos.

Anggota parlemen Konservatif memilih untuk menolak kesepakatan May secara keseluruhan, setelah sebelumnya mereka berjanji untuk mendukungnya. Tetapi 34 anggota masih menentang.

Partai Uni Demokratik Irlandia Utara juga berdiri teguh untuk menentang May karena kekhawatiran mereka tentang hambatan perbatasan Irlandia. 

Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk telah mengumumkan akan mengadakan pertemuan  dengan para pemimpin Uni Eropa pada tanggal 10 April untuk membahas Brexit.

Sementara dalam beberapa menit pemungutan suara dimulai, ribuan pendukung Brexit yang marah memprotes di luar gedung parlemen. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *