Para Wajib Pajak Bisa Disanski Jika Tak Lapor SPT

Para Wajib Pajak Bisa Disanski Jika Tak Lapor SPT

Jika anda termasuk yang wajib pajak, maka segeralah lapor SPT anda. Para wajib pajak bisa disanksi jika tidak segera melapor hingga akhir Maret 2019.

Pelaporan SPT Ditenggat Sampai Akhir Maret 2019

Konten.co.id – Seluruh warga negara Indonesia (WNI), diwajibkan melapor pajak penghasilannya. Pelaporan pajak dilakukan bagi individu maupun wajib pajak badan atau instansi .

Wajib pajak pribadi, laporan surat pemberitahuan (SPT) tahunan dilakukan sampai akhir bulan Maret 2019. Sementara itu, untuk wajib pajak badan batas waktu pelaporan hingga akhir April 2019.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Hestu Yoga Saksama mengatakan, para wajib pajak yang terlambat melaporkan SPT tahunan, akan dikenakan sanksi berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku.

Dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum Perpajakan (KUP), ada sanksi denda bagi wajib pajak yang tidak melaporkan SPT.

“Sanksi denda administrasi sesuai UU KUP sebesar Rp100 ribu untuk wajib pajak orang pribadi dan Rp1 juta untuk wajib pajak badan,” kata Hestu dilansir CNBC Indonesia, Selasa (13/3/2019).

Oleh karenanya, dirinya mengimbau wajib pajak yang mempunyai penghasilan di atas penghasilan tidak kena pajak (PTKP) agar segera melaporkan SPT tahunannya.

Sampai saat ini, jumlah wajib pajak yang memenuhi kewajibannya terus meningkat. Selain itu, wajib pajak saat ini lebih memilih pelaporan secara online yang lebih dari 90% dari jumlah SPT yang telah dilaporkan.

“Selasa (13/3/2019) pagi, sudah 5,1 juta SPT tahunan yang disampaikan, lebih dari 90% nya melalui e-filing. Wajib pajak Badan 162 ribu, sisanya wajib pajak orang pribadi,” kata Hestu. (ME)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *