Papua Buka Pendaftaran CPNS, Jatah OAP 80 Persen

Papua Buka Pendaftaran CPNS, Jatah OAP 80 Persen

Provinsi Papua dan Papua Barat membuka lowongan CPNS. Tertarik? Yuk lihat jumlah kuotanya.

Mau Daftar CPNS? Coba Ikut di Dua Provinsi Ini

Konten.co.id – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2018, telah resmi dibuka tanggal 4 Maret 2019. Pemerintah pusat membuka lowongan untuk dua provinsi.

Wilayah ujung timur Indonesia diberi kuota untuk menerima CPNS. Pendaftaran dibuka mulai bulan Maret.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Nikolaus Wenda mengatakan dari hasil pertemuan dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) formasi tahun 2018, seleksi CPNS untuk Papua dan Papua Barat dibuka mulai Senin (4/3/2019). 

“Syarat-syaratnya sudah jelas, kemudian menyangkut penerimaan ini, dari BKD Papua kami diberikan pembekalan teknis terkait penerimaan selama dua hari di Badan Kepegawaian Nasional (BKN),” ucapnya kepada wartawan.

Terkait informasi penerimaan CPNS ini, kata Wenda, telah disampaikan kepada Gubernur Papua melalui Sekda Papua. Rencananya hari Selasa (5/3/2019) akan resmi dibuka.

Terkait daerah di kabupaten Papua yang jaringan internetnya belum ada, sehingga dirasa akan menyulitkan peserta yang hendak mendaftar. Pihaknya akan bergabung dengan wilayah terdekat dengan jaringan internet yang bagus. 

“Saya percaya setiap kabupaten itu, Kepala BKD sudah mengantisipasi dengan memasang jaringan V-Sat atau melalui SMA di sana yang sudah dipasangi V-Sat,” ujarnya.

Secara keseluruhan kuota total untuk Provinsi Papua dengan ditambahnya formasi guru dan kesehatan jumlah kuota sebanyak 6.666. 

Dirinya mengimbau kepada masyarakat asli Papua yang hendak mendaftar menjadi PNS, terlebih dengan formasi 80:20 untuk Orang Asli Papua (OAP). Hal itu sudah diatur dalam mekanisme penerimaan yang sudah ada.

“Jadi itu (mekanisme OAP) sudah akan dilakukan pada saat penerimaan. Kemudian seleksi dalam ujian secara akademik juga telah diatur. Masyarakat tidak perlu terlalu mengkhawatirkan seperti tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.

Sebelumnya melalui Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Syafruddin No. B/234/M.SM.01.00/2019 perihal Kebijakan Pelaksanaan Pengadaan Formasi CPNS Tahun 2018 Pemerintah Provinsi Papua, yang ditujukkan kepada Gubernur Papua di Jayapura.

Isi surat tersebut terkait jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS formasi umum tahun 2018. Menyusul surat Gubernur Papua No. 810/1671/SET tanggal 14 Februari 2019, yang telah disetujui Menpan RB, terkait persentase penerimaan formasi 80 persen untuk asli Papua dan 20 persen bukan asli Papua.

Pelaksanaan seleksi menggunakan CAT yang hasil nilai SKD-nya berdasarkan pemeringkatan. Jadwal seleksi mulai dari pengumuman penerimaan dari tanggal 4-22 Maret 2019.

Sedangkan proses pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus mulai tanggal 13 Juni-3 Juli 2019. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *