Nomor Telepon Pengguna Facebook Celah Pasang Iklan Tertarget

Nomor Telepon Pengguna Facebook Celah Pasang Iklan Tertarget

Permintaan untuk memasukkan nomor telepon di Facebook rupanya bukan hanya untuk pengamanan saja. Penggunaan nomor telepon justru dijadikan sebagai celah memasang iklan.

Pencarian Profil FB Juga Bisa Dilacak Dari Nomor Telepon

Konten.co.id – Facebook meminta para pengguna untuk menambahkan nomor telepon mereka sebagai langkah untuk pengamanan tambahan. Tetapi sekarang nomor telepon dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mencari profil.

Bahkan menjadi target iklan yang tidak memiliki opsi untuk memilih keluar.

TechCrunch melaporkan setelah Jeremy Burge yang memegang laman Emojipedia mengatakannya di akun Twitter pada hari Jumat.

“Selama bertahun-tahun Facebook menyatakan dengan menambahkan nomor telepon untuk 2FA hanya untuk keamanan. Sekarang bisa dengan mudah mencari seseorang dengan nomor telepon dan tidak ada cara untuk menonaktifkan fitur itu,” cuitnya.

Facebook tidak menyediakan opsi untuk menjadikan informasi nomor telepon itu menjadi rahasia atau pribadi setelah pengguna mencantumkan nomor pribadinya.

Mereka hanya bisa memilih agar informasi nomor telepon itu dapat diganti dari ‘semua orang’ ke opsi ‘teman dari teman Anda’ atau hanya ‘teman’. Jika pengguna memilih opsi ‘semua orang’ untuk melihat informasi nomor telepon, artinya seseorang yang bahkan tidak mempunyai akun Facebook pun akan dengan mudah menemukan seseorang.

Melansir CNBC, sejak Mei 2018, Facebook telah menghapus persyaratan untuk menambahkan nomor telepon untuk mengatur fitur keamanan two-factor identification (2FA) atau identifikasi dua arah.

Pada bulan September, Facebook mengonfirmasikan kepada TechCrunch bahwa mereka menggunakan nomor telepon yang disediakan untuk 2FA untuk penargetan sebuah iklan. Setelah Gizmodo melaporkan bahwa nomor yang tersedia untuk 2FA dapat menjadi target bagi pemasang iklan dalam beberapa minggu. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *