Musik Klasik atau Jazz Bisa Jadi Pengantar Tidur

Musik Klasik atau Jazz Bisa Jadi Pengantar Tidur

Sulit tidur bisa diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya mendengarkan musik dengan nada-nada rendah.

Lagu Bernada Rendah Buat Pikiran Lebih Rileks

Konten.co.id – Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika susah tidur. Salah satunya dengan mematikan lampu kamar, memasang aromaterapi, hingga mendengarkan musik pengantar tidur.

Mendengar musik bisa jadi pilihan ampuh. Tapi mungkin masih bingung saat memilih lagu. Apakah harus lagu selow, galau alias mellow atau lagu rock?

Musik Seperti Apa Yang Bisa Mengantar Tidur ?

Manfaat musik pengantar tidur sudah dirasakan banyak orang. Alunan musik dirasaakan membuat orang semakin nyaman untuk tidur. Serta membantu meningkatkan kualitas tidur anda.

Untuk genre musiknya, mungkin sering kebingungan. Sebetulnya, adakah musik pengantar tidur yang ideal dan ampuh bikin tidur jadi lebih nyenyak? Apa benar lagu-lagu yang lembut adalah musik pengantar tidur yang paling baik?

Seorang peneliti asal Jerman, Laszlo Harmat, mengungkapkan kepada Today bahwa musik klasik paling banyak direkomendasikan sebagai musik pengantar tidur.

Sebuah studi dalam Journal of Advanced Nursing tahun 2008, menyebut bahwa musik klasik terbukti efektif dalam mengurangi masalah tidur.

Ini karena musik klasik memiliki nada yang rendah dan irama lambat, sekitar 60 beat per menit. Irama lambat inilah yang dapat membantu menurunkan denyut jantung menjadi lebih rileks menuju tidur.

Selain itu, lagu dengan nada yang rendah dan bunyi perkusi yang sedikit pada musik klasik bisa bikin Anda lebih cepat mengantuk. Rasa cemas, tekanan darah, detak jantung, dan pernapasan jadi melambat sehingga tubuh jadi lebih rileks.

Namun, bagaimana kalau tidak suka dengan musik klasik? Tenang, musik jazz bisa menjadi alternatif musik pengantar tidur yang baik, lho! Saat mendengar alunan musik jazz, lantunannya akan membawa untuk mengingat kenangan-kenangan yang menyenangkan sekaligus menenangkan.  

Coba dengar berbagai genre musik sebelum tidur

Meski lagu dengan irama lambat menjadi pilihan musik pengantar tidur yang paling baik, setiap orang tetap saja memiliki selera musik yang berbeda-beda. Ada orang yang tidak suka musik klasik, tapi justru bisa cepat tidur setelah mendengar musik favoritnya, sekalipun itu musik pop atau rock.

Namun memang, musik dengan irama yang cepat dapat meningkatkan denyut jantung dan bisa bikin Anda lebih lama untuk terlelap. Jika Anda bingung menentukan musik pengantar tidur yang terbaik, coba saja dengarkan beberapa genre musik sebelum tidur. Lihat dan buktikan sendiri mana yang paling ampuh membuat Anda cepat terlelap tidur setiap malam. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *