MRT Diresmikan, Jokowi: Peradaban Baru Indonesia

MRT Diresmikan, Jokowi: Peradaban Baru Indonesia

Jokowi meresmikan MRT di Ibukota Jakarta. Presiden pun berpesan agar masyarakat menjaga kebersihan dan kenyamanan MRT.

Besaran Tarif MRT Akan Ditentukan Senin Besok

Jokowi menyebutkan dua pesan utama, yakni menjaga kebersihan dan tertib dalam menggunakan MRT.

Konten.co.id – Kereta cepat Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) dinilai Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menjadi awal peradaban baru bagi transportasi bangsa Indonesia.

MRT pun dinilainya menjadi budaya baru masyarakat Ibu Kota. Pernyataan itu disampaikan Jokowi usai meresmikan MRT fase 1 rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Stasiun MRT Bundaran HI, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Minggu (24/3/2019) pagi.

“Hari ini sebuah peradaban baru dengan dimulai dioperasikannya MRT fase pertama. Siapa yang sudah coba MRT tunjuk jari? Tunjuk jari siapa yang udah coba. Yang belum coba, besok coba. Mumpung masih gratis. Karena nanti sebulan lagi bayar,” ungkap Jokowi.

“Ini adalah sebuah budaya baru, karena merupakan yang pertama di negara Indonesia,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut dirinya mengingat kepada masyarakat untuk menjaga MRT bersama.

Jokowi menyebutkan dua pesan utama, yakni menjaga kebersihan dan tertib dalam menggunakan MRT.

“Apa yg ingin saya titipkan? pertama, jangan buang sampah di MRT, stasiun-stasiun MRT kita jaga agar MRT dan stasiun-stasiun yang kita miliki tidak kotor. Sanggup?,” tanya Jokowi dibalas warga.

“Kalau mau naik MRT ngantri. Jangan berdesakan kayak seperti ini. Ngantri dan disiplin waktunya. Jangan sampai pintu mau tutup, baru mau masuk, kejepet nanti. Jaga agar tetap bersih stasiun dan MRT tidak kotor, jangan buang sampah sembarangan. Budaya antri dan displin waktu,” tambahnya.

Pesan tersebut katanya akan terus disampaikan Jokowi agar MRT Jakarta dapat terus dimanfaatkan masyarakat.

Sebab, pembangunan MRT katanya tidak berhenti pada fase 1 Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia, tetapi akan dilanjutkan pada fase 2 Bundaran HI-Kampung Bandan.

“Ini akan terus saya sampaikan agar MRT bisa kita pakai. Ini fase pertama, hari ini juga kita canangkan fase kedua ke utara. Tahun ini tadi saya perintahkan juga untuk memulai yang rute timur Barat, east west mulai tahun ini. Setuju ndak? Yang setuju tunjuk jari,” ungkap Jokowi.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan, besaran tarif MRT akan disepakati pada Senin (25/3/2019).

“Meskipun (tarif) sudah disepakati, tapi belum diketok kesepakatannya, sudah nanti diketoknya hari Senin, adanya etikanya ya, diumumkan setelah ditetapkan,” ujar Anies. (AI)

Ahmad
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *