Mitos Pil KB Bikin Gemuk, Ini Faktanya

Mitos Pil KB Bikin Gemuk, Ini Faktanya

Mitos pil KB banyak beredar. Namun ini fakta sebenarnya.

Banyak Wanita Takut Memakai KB Akibat Mitos

Konten.co.id – Banyak mitos seputar pil KB yang dipercayai wanita. Dari yang bisa menambah gemuk, membuat wajah berjerawat, hingga yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Ya, semua ini hanya mitos. Memang banyak anggapan yang beredar, padahal sebenarnya tidak tepat.

Apa saja mitos pil KB lainnya yang sering disalahpahami banyak wanita. Berikut mitos yang beredar.

Membuat Gemuk

Mitos tersebut jarang terjadi. Faktanya memang beberapa wanita mengalami sedikit kenaikan berat badan saat mulai minum. Namun, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa pil KB-lah yang menyebabkan kenaikan berat badan pada para wanita.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika khawatir dengan berat badan. Dokter akan menyarankan jenis sesuai dengan konidisi Anda, karena pil KB memiliki dua jenis yaitu pil kombinasi (mengandung estrogen dan progestin) dan pil progestmi.

Beberapa wanita akan merasakan kembung jika mengonsumsi pil KB yang mengandung Estrogen tetapi itu hamit bersifat sementara. Kandungan estrogen dan progestin akan meningkatkan nafsu makan sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika tidak diimbangi dengan diet dan olahraga.

Pil kombinasi yang mengandung anti mineral kortokoid dan  jenis progesterone tertentu berfungsi untuk mencegah penumpukan kadar air dan garam alam tubuh. Jenis tersebut dapat menjaga berat badan tetap stabil.

Setiap merek pil mungkin menawarkan jenis dan dosis yang berbeda, sehingga memiliki efek samping yang berbeda juga.

Membuat Haid Tidak Teratur

Faktanya pil KB membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur. Hal ini dapat membantu wanita yang siklus haidnya terlambat atau terlalu cepat. Pil cenderung meminimalkan gejala PMS dan mengurangi nyeri haid. Beberapa wanita juga melaporkan durasi haidnya menjadi lebih singkat setelah minum pil KB.

Wajah Jadi Berjerawat

Faktanya kontrasepsi ini dapat menjadi pilihan pengobatan jerawat dari dokter. Salah satu pemicu timbulnya jerawat adalah meningkatnya hormon androgen. Androgen dapat memicu kelebihan produksi minyak yang akan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

Saat Anda mengonsumsi pil yang mengandung estrogen dan progestin tertentu sehingga dapat membantu menurunkan kadar androgen dan umumnya membuat Anda memiliki kulit yang bersih setelah tiga bulan pemakaian.

Membuat Tidak Subur

Mitos ini merupakan salah satu mitos yang membuat Anda khawatir. Kesuburan bisa segera kembali setelah Anda berhenti minum. Inilah mengapa penting untuk minum pil KB dengan jadwal teratur.

Beberapa wanita mungkin mengalami kesulitan untuk hamil setelah berhenti minum. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur sebelum minum pil KB.

Sebenarnya, faktor alami merupakan penyebab penurunan kesuburan. Contohnya wanita yang menggunakan pil KB untuk menunda kehamilan hingga usia akhir 30-an, saat kesuburan mengalami penurunan.

Menyebabkan Kanker

Sebenarnya pil KB justru memiliki efek perlindungan terhadap beberapa jenis kanker. Seperti kanker ovarium, endrometrial, dan koloteral. Penelitian ini dilakukan pada wanita yang sudah memiliki risiko tinggi terkena kanker karena ada riwayat keluarga.

Memang ada beberapa penelitian yang menunjukan sedikit peningkatan risiko kanker payudara, serviks, dan hati namun ini lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor hormonal lain. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *