Menilik Roemah Tawon, Rumah Para Anak Jalanan

Menilik Roemah Tawon, Rumah Para Anak Jalanan

Anak jalanan juga punya hak yang sama untuk meraih pendidikan. Rumah singgah di Tangerang ini memberikan fasilitas kepada para anak jalanan untuk menempuh pendidikan.

Rumah Singgah di Tangerang Beri Pendidikan Kepada Anak Tawon

Konten.co.id (Tangerang) – Anak jalanan sering dikenal dengan kenakalan dan kurangnya pendidikan. Tapi hal ini tidak terjadi di Jalan Benteng Betawi, Kota Tangerang. 

Para anak jalan mempunyai rumah singgah yang diberi nama Roemah Tawon. Tempat belajar bagi anak jalanan di sekitar kota Tangerang.

Dikatakan Fais Santang, founder Roemah Tawon, tempat ini didirikan untuk menunjukkan murahnya pendidikan bagi anak jalanan dan anak tidak mampu.

“Yang belajar di sini adalah anak-anak yang kurang secara ekonomi. Mereka pengamen, pedagang asongan, pemilah bawang dan pemulung,” ucap Paise.

Dengan menggandeng komunitas 1000 guru, Roemah Tawon mengajarkan berbagai pelajaran bagi para anak jalanan. Seperti bahasa Inggris, sains, seni, da tidak ketinggalan pendidikan agama.

“Kami tekankan ke mereka cerdas pikiran, cerdas attitude dan agama supaya anak jalanan juga bisa jadi orang bener,” katanya.

Di Roemah Tawon memiliki berbagai kelas. Untuk anak usia dini disebut Tawon Cilik, yang berusia 4 sampai 7 tahun. Untuk Anak Tawon yaitu usia 7 sampai 18 tahun.

Tak hanya anak-anak, ibu-ibu juga dilayani untuk menambah ilmu mereka. Kaum Hawa itu diajarkan ilmu agama dan baca tulis.

“Ada juga kelas umum, itu kebanyakan emak-emak. Kegiatannya ngaji dan baca tulis. Di sini banyak juga yang tidak bisa baca, jumlahnya 27 orang,” ucapnya.

Dengan adanya Roemah Tawon, Fais berharap bisa terus membawa anak yang bekerja di jalanan semakin jauh lebih baik. Ada anak jalanan yang bisa menjadi juara cerdas cermat tingkat internasional, bahkan menjadi seorang petinggi negeri.

“Yang penting akhlak yang baik. Kita punya mimpi, kita punya cita- cita, kita yakin kita bisa. Hidup buat mati enak bukan buat hidup enak,” tukasnya. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *