Mantap Gaji Perangkat Desa Dipastikan Naik Hingga 100 Persen

Mantap Gaji Perangkat Desa Dipastikan Naik Hingga 100 Persen

Gaji para perangkat desa akhirnya mengalami kenaikkan setelah Presiden Joko Widodo menandatangani keputusan pada akhir Februari lalu.

Gaji Perangkat Desa Setara PNS Golongan IIA

Konten.co.id (Jakarta) – Pemerintah akhirnya menaikkan gaji perangkat desa. Kenaikkan itu sesuai janji Presiden Joko Widodo pada ribuan perangkat desa akhir Januari 2019.

Kenaikkan gaji tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2019 pasal 81 tentang Perubahan Kedua Atas PP nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dengan turunnya PP itu, gaji kepala desa setara dengan Rp 2.426.640 per bulan. Artinya mengalami kenaikan minimal 120 persen dari gaji PNS golongan IIA.

Selain gaji kepala desa, peningkatan juga dirasakan oleh sekretaris desa menjadi paling sedikit Rp 2.224.420 per bulan atau setara 110 persen gaji pokok PNS golongan IIA.

Sementara, besaran penghasilan tetap perangkat desa lainnya ditetapkan paling sedikit Rp 2.022.200 atau setara dengan 100 persen dari gaji pokok PNS golongan IIA. Sebagai pembanding, dalam PP43/2014, gaji kepala desa dan perangkat desa lainnya berdasarkan besaran ADD.

Keputusan itu diteken Presiden pada 28 Februari 2019. Kenaikan gaji itu diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan perangkat desa.

“Penghasilan tetap diberikan kepada kepala desa, sekretaris desa, dan perangkat desa lainnya dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD),” tulis Pasal 81 ayat (1) dalam PP 11/2019, dikutip dari CNN Indoneisia, Jumat (8/3/2019).

Realisasi kenaikan gaji perangkat desa juga lebih besar dari yang direncanakan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) dari Menteri Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Bappenas Bambang P.S Brodjonegoro, Menteri Desa dan Daerah Tertinggal Eko Putro, dan Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo beberapa waktu lalu. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *