KPU Respon Tagar #IndonesiaCallsObserver

KPU Respon Tagar #IndonesiaCallsObserver

KPU RI undang pemantau Pemilu dari luar negeri. Pemantau Pemilu sudah jadi hal biasa setiap pelaksanaan pesta demokrasi.

PKS Dukung Keberadaan Pemantau Pemilu Internasional

Konten.co.id (Jakarta) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) merespon terkait ramainya tagar #IndonesiaCallsObserver di media sosial. KPU menyebut telah mengundang pengawas Pemilu internasional.

Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, selama ini pihaknya telah mengundang pemantau pemilu dari luar negeri.

Pemantau asing yang ikut mengamati proses pemilu Indonesia itu berasal dari 33 negara.

Pemantau asing yang ikut mengamati proses pemilu Indonesia itu berasal dari 33 negara.

“Kami mengundang penyelenggara pemilu (setingkat KPU) dari 33 negara, perwakilan kedutaan negara-negara sahabat 33 negara, dan LSM/ pemantau internasional 11 lembaga,” kata Pramono kepada CNNIndonesia.com, Senin (25/3/2019).

Selain itu, KPU juga telah bekerja sama dengan berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan perguruan tinggi di Indonesia untuk melakukan pemantauan proses Pemilu 2019.

Wakil Ketua Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid (HNW) mendukung para pemantau pemilu dari luar negeri untuk ikut memantau penyelenggaraan Pemilu 2019.

Pernyataan HNW merespons marak tagar dukungan #IndonesiaCallsObserver beberapa hari terakhir.

Tagar tersebut mulai ramai dituliskan di twitter sejak Minggu (24/3/2019). HNW menilai selama ini pihak pemantau pemilu yang berasal dari dalam negeri masih diragukan keberaniannya dalam memantau proses penyelenggaraan Pemilu.

“Karena kalau pemantau dalam negeri ya mungkin keberaniannya atau objektivitasnya diragukan,” kata Hidayat.

HNW menjelaskan kalau keberadaan pemantau pemilu yang berasal dari asing bukan hal baru di Indonesia. Ia menyebut kehadiran pemantau itu sudah ada sejak Pemilu tahun 2009 silam. (AI)

Ahmad
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *