Kenal Lebih Dekat Kampus Maudy Ayunda Melanjutkan Studi

Kenal Lebih Dekat Kampus Maudy Ayunda Melanjutkan Studi

Wajar saja Maudy Ayunda galau dalam memilih kampus untuk melanjutkan studi S2. Ternyata kampus pilihannya punya sejarah yang cukup panjang.

Maudy Ayunda Pilih Stanford, Simak Sejarah Kampus Ini

Konten.co.id – Universitas Stanford banyak diperbincangkan setelah Maudy Ayunda sempat galau memilih kampus untuk melanjutkan studi S2nya. Setelah beberapa hari berpikir, Maudy akhirnya memilih Stanford sebagai tempatnya menimba ilmu.

Sebelumnya, Maudy juga sempat diterima di Harvard University. Dua kampus itu merupakan universitas favorit di dunia.

Sebenarnya di mana letak Stanford tempat Maudy akan melanjutkan studinya?

Dilansir dari Wikipedia, Stanford memiliki nama resmi Leland Stanford Junior University. Namun kampus itu lebih dikenal dengan nama Universitas Stanford.

Stanford merupakan kampus swastas yang terletak kira-kira 60 kilometer di tenggara San Francisco. Lokasi percisnya berada di dekat kota Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Tepat di jantung Lembah Silikon yang membuat Maudy memutuskan melabuhkan pilihan ke Stanford.

Stanford merupakan universitas kedua terbesar di dunia. Terdiri atas sekolah teknik, hukum, kedokteran, pendidikan, bisnis, ilmu bumi, dan humaniora serta sains.

Maudy akan mengejar gelar MBA atau Master of Business Administration di Stanford.

Salah satu pendiri Stanford yakni Pimpinan Partai Republik Leland Stanford dan istrinya, Jane Stanford. Universitas ini diberi nama untuk menghormati anak tunggal mereka, Leland Stanford, Jr. Anak mereka meninggal dunia karena tipus hanya beberapa hari menjelang ulang tahunnya yang ke-16.

Di hari kematian anak mereka, Leland Stanford sempat berkata kepada istrinya jika kelak anak-anak di California akan menjadi anak mereka.

Keluarga Stanford lalu mengunjungi beberapa universitas besar di timur untuk mengumpulkan ide. Dana pembangunan universitas ini ditulis pada 11 November 1885 dan diterima oleh Dewan Pengurus pertama universitas ini pada 14 November.

Peletakan batu pertamanya dilakukan pada 14 Mei 1887 dan universitas ini secara resmi dibuka pada 1 Oktober 1891.

Mahasiswa pertama kampus ini terdiri dari 559 orang, dengan uang kuliah gratis dan 15 dosen. Motto resmi Universitas Stanford, adalah “Die Luft der Freiheit weht”.

Kutipan dalam bahasa Jerman ini berasal dari Ulrich von Hutten yang berarti “Angin kebebasan berhembus”. Pada waktu sekolah ini didirikan, bahasa Jerman baru saja menggantikan bahasa Latin sebagai bahasa yang dominan dalam sains dan filsafat. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *