Kembalikan Ruh Ki Hajar Dewantara ke Sekolah

Kembalikan Ruh Ki Hajar Dewantara ke Sekolah

Sekolah jangan jadi tempat yang di dibenci pelajar. Namun sekolah harus menjadi tempat menyenangkan.

Pemkab Tangerang Ingin Sekolah Ala Ki Hajar Dewantara

Konten.co.id (Tangerang) – Pemkab Tangerang terapkan program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM). Dengan program GSM, Pemkab Tangerang berusaha mengembalikan ruh dari ajaran Ki Hajar Dewantara.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Hadisa Mahsur. 

GSM merupakan akar rumput yang berusaha mengembalikan ajaran Ki Hajar Dewantara yaitu sekolah sebagai taman yang menyenangkan.

“Program ini kami laksanakan sudah di 20 Sekolah Menengan Pertama (SMP) dan 50 Sekolah Dasar (SD) sebagai Pilot Project,” ujar Hadisa, dilansir dari Tangerangonline, Rabu (13/3/2019).

Menurutnya, tujuan GSM ini untuk mempromosikan dan membangun kesadaran guru-guru, kepala sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah sebagai rumah kedua bagi anak.

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan GSM ini dapat membawa prestasi belajar bagi anak-anak di Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, menambahkan program GSM ini merupakan satu dari program unggulan dari 15 program yang ada. 

Program ini juga masuk dalam RPJMD Kabupaten Tangerang tahun 2019-2023.

“Untuk menyukseskan program GSM ini kita perlu beberapa OPD yang terlibat dalam penyempurnaan program tersebut. Tujuan dari GSM mengubah mindset para guru dan kepala sekolah,” kata Zaki.

Zaki menyebut pihaknya perlu melibatkan Bappeda, Dinkes, Kominfo, Perkim, Aset dan Cipta Karya untuk menyelaraskan program GSM. Sebab ke depannya memiliki standar bangunan untuk sekolah. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *