Kejahatan Rasial, Sebuah Masjid di California Terbakar

Kejahatan Rasial, Sebuah Masjid di California Terbakar

Warga muslim Amerika yang akan melaksanakan ibadah ke masjid diminta untuk waspada.

Diduga Terkait Kasus Selandia Baru, Masjid di Amerika Terbakar

Konten.co.id – Sebuah masjid di California Selatan telah terbakar pada hari Minggu (24/3/2019). Polisi menemukan grafiti di jalan masuk ke masjid yang merujuk pada penembakan di Selandia Baru beberapa waktu lalu.

Polisi dan petugas pemadam kebakaran dipanggil ke Islamic Center of Escondido di sebelah utara San Diego sekitar pukul 3.15. Mereka mendapatkan kabar tentang kebakaran yang menghitamkan dinding luar.

Dilansir dari The Guardian, orang-orang yang berada di tempat itu mencium bau dan melihat api. Mereka memadamkannya sebelum petugas sampai di lokasi untuk mencegah api menyebar dan menyebabkan kerusakan yang serius. Tidak ada korban dalam peristiwa ini.

Di jalan masuk masjid, polisi menemukan grafiti baru yang merujuk pada penembakan di dua masjid di Chrictchurch, Selandia Baru, yang menewaskan 50 orang dan puluhan lainnya terluka parah. 

Penembakan ini disebabkan oleh pria yang menyebarkan manifesto kebencian di media sosial.

Pihak berwenang sedang menyelidiki masjid tersebut pada saat waktu salat subuh, sehingga masjid disterilkan dari para jamaah yang ingin melaksanan salat.

Kata-kata dalam grafiti tidak dirilis oleh pihak kepolisian. Pelaku menggunakan bahan kimia untuk menyalakan api. Bersama dengan polisi setempat, pemadam kebakaran, FBI dan Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak sedang menyelidiki kasus ini sebagai pembakaran dan kejahatan rasial.

Yusud Miller, juru bicara komunitas Islam di Escendido mengatakan bahwa umat muslim yang berada di masjid di seluruh wilayah harus tetap waspada. Ia mengatakan bahwa semua orang gelisah terlebih kasus ini dikaitkan dengan penembakan di Selandia Baru. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *