Karakter Unik Anak Pengidap Down Syndrome

Karakter Unik Anak Pengidap Down Syndrome

Di balik kekurangannya, ternyata anak penderita down syndrome memiliki keistimewaan pasalnya mereka memiliki keunikan jika dibandingkan anak normal pada umumnya.

Kenali Keistimewaan Anak Pengidap Down Syndrome

Konten.co.id – Anak down syndrome tentu memiliki keistimewaan. Banyak dari mereka yang kini tumbuh membanggakan di berbagai bidang. 

Sayangnya edukasi ini masih kurang dipahami masyarakat, sehingga anak Dowm Syndrome masih mendapatkan perlakuan yang berbeda.

Padahal, jika ditelisik lebih dalam, anak Down Syndrome memiliki karakter yang unik. Mereka yang cenderung sensitif, seringkali mendapat ejekan dan perlakuan bullying dari teman sebaya atau lingkungan.

Manager Rumah Autis Tangerang, Dwi Astuti, menjelaskan anak “spesial” ini mempunyai banyak kesamaan dengan anak tipikal pada umumnya. Mereka mempunyai perasaan yang sensitif dan peka dengan lingkungan sekitar.

Menurutnya, karakterikstik anak Down Syndrome terbilang unik. Mereka memiliki cukup banyak hambatan dari fisik hingga kognitif, sehingga banyak hal yang bisa menyebabkan mereka mudah frustasi.

“Sensitif dan peka akan tetapi kesulitan untuk menyampaikannya,” jelasnya kepada Konten.co.id, Jumat (22/3/2019).

Terkadang keras kepala. Tetapi secara umum anak Down Syndrome bersikap ramah, murah senyum dan senang membantu.

Sehingga, kata Dwi, butuh perhatian dan dukungan khusus untuk tumbuh kembang mereka secara optimal. Sehingga, mereka punya kesempatan yang sama untuk bisa berkembang, bermain dan menikmati masa anak- anak yang menyenangkan. 

“Mereka hanya butuh perhatian dan dukungan lebih. Di kita ada namanya Jericho Sukotjo, berkat dukungan dan perhatian serta ilmu yang tepat kini dia bisa jadi salah satu hafidz di Tangerang, ini bukti down syndrome memang luar biasa,” tukasnya. 

Karena itu dalam laman World Down Syndrome Day, Kamis (21/3/2019) semangat Hari Down Syndrome Sedunia tahun ini mengajak masyarakat untuk merangkul anak-anak Down Syndrome dengan cinta dan kasih. Mengambil tema ‘Leave No One Behind’, mengajak siapapun agar tak meninggalkan anak dengan Down Syndrome sendirian. (AI)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *