Kalsel Target 100 Persen UNBK

Kalsel Target 100 Persen UNBK

Pelaksanaan UN di semua sekolah di Kalimantan Selatan ditargetkan 100 persen berbasis komputer.

Smartphone Tak Akan Dipakai Saat UNBK

Konten.co.id (Kalsel) – Kalimantan Selatan bertekad menggelar Ujian Nasioal Berbasis Komputer (UNBK) 100 persen. Namun, belum semua sekolah memiliki laboratorium komputer yang memadai.

Akan tetapi hal ini tidak akan memengaruhi sekolah di Kalsel untuk menggunakan smartphone dalam penyelenggaraan UNBK.

“Saya rasa no problem. Ujian tidak perlu sampai harus menggunakan smartphone. Pakai komputer yang ada saja,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kalsel, Muhammad Yusuf Effendi, Rabu (6/3/2019).

Yusuf menegaskan, sekolah yang kekurangan komputer, dipersilakan menumpang ke sekolah terdekat dengan fasilitas lebih baik. Risikonya, harus menambah sesi ujian. Mengingat bertambahnya jumlah peserta ujian.

“Kalau kekurangan komputer, kan bisa bergabung ke sekolah lain. Tinggal sesi ujiannya saja yang diperbanyak,” imbuhnya.

Penggunaan smartphone memang terdengar gampang. Kenyataan di lapangan tidaklah seperti itu.

Pertama, smartphone siapa yang harus dipakai? Jika milik siswa, tentu bakal menimbulkan kegaduhan. UNBK yang sewajarnya menggunakan fasilitas pemerintah malah meminjam milik anak didik.

“Itu belum terhitung paket data yang digunakan,” kata dia.

Kedua, perangkat ujian wajib steril. Artinya hanya bisa mengakses naskah soal ujian. Sementara dari smartphone siswa, bisa saja berisi file-file yang memudahkan siswa untuk menjawab soal ujian.

Untuk persiapan UNBK, Yusuf berani mengatakan sudah menginjak 90 persen. Untuk itu pihaknya meminta seluruh sekolah untuk menambah jam belajar siswa.

“Kami masih terus berkoordinasi dengan pihak terkait. Demi kestabilan suplai listrik dan jaringan internet selama ujian nanti,” jelasnya.

Pada tahun 2018, pelaksanaan UNBK di Kalsel mencapai 79 persen. Sisanya, 21 persen masih menggunakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Hal ini karena dari 1.263 sekolah peserta UN di Kalsel, 640 sekolah yang menggelar UNBK secara mandiri. Sisanya, 623 sekolah masih harus menumpang ke sekolah lain. (AI)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *