Jangan Sepelekan Segelas Air Putih Saat Bangun Tidur

Jangan Sepelekan Segelas Air Putih Saat Bangun Tidur

Biasakan minum air putih usai bangun tidur di pagi hari. Air putih akan mengembalikan fungsi vital tubuh.

Segelas Air Kembalikan Fungsi Tubuh Usai Tidur

Konten.co.id – Setiap orang ketika terbangun di pagi hari pasti banyak kebiasaan yang dilakukan dan berbeda-beda. Namun yang terpenting, biasakan selalu minum air putih.

Hal ini penting dilakukan, karena selama tidur tubuh tidak menerima asupan air. Maka setelah bangun tidur, minum segelas air akan mengembalikan keseimbangan yang hilang dalam sistem yang vital untuk semua fungsi di tubuh.

Setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. 

Oleh karena itu, untuk mendukung kesehatan keluarga secara keseluruhan serta memberi energi pada tubuh, yuk minum air segera setelah bangun pagi.

Dilansir dari dw.com berikut manfaat minum air setelah bangun tidur :

1. Mengatasi Dehidrasi

Ketika terbangun dari tidur berjam-jam, tubuh mengalami dehidrasi. Dengan memberi asupan air kembali ke tubuh maka, badan akan lebih segar, lebih banyak energi alami sepanjang pagi, sehingga kita menjadi lebih sehat dan bahagia.

2. Mengeluarkan Racun

Minum air setelah bangun tidur akan mendorong keluar racun yang tidak diinginkan dari tubuh. Saat orang tidur, terjadi perbaikan tubuh. Hasilnya adalah racun menunggu untuk terperas keluar. Tubuh yang bersih dari racun, membuat kulit menjadi bersih dan cemerlang.

3. Menyerap Nutrisi

Minum air saat perut kosong akan membersihkan usus, sehingga memudahkan tubuh dalam menyerap berbagai nutrisi.

4. Menyeimbangkan Sistem Getah Bening

Minum air di pagi hari juga menyeimbangkan sistem getah bening tubuh manusia. Ini penting untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi.

5. Baik Untuk Metabolisme Tubuh

Minum air juga membantu menurunkan berat badan. Tapi air minum setelah bangun tidur adalah cara yang paling optimal untuk melakukannya. 

Minum air di pagi hari telah terbukti untuk meningkatkan potensi pembakaran kalori sepanjang hari. Air yang diminum juga bisa mengekang nafsu makan, yang memungkinkan orang untuk membuat pilihan cerdas bagi sarapannya.

6. Bahan Bakar bagi Otak

Faktanya, 75 dari orang terdiri dari air. Jika sudah minum cukup air, maka otak berfungsi pada tingkat yang optimal. Segelas air di pagi hari akan membuat berpikir lebih tajam dan jelas sepanjang hari.

7. Produksi Sel Baru

Darah terdiri dari 83 persen air, sedangkan jaringan otot terdiri dari sekitar 75% air. Konsumsi air di pagi hari meningkatkan produksi sel-sel darah dan otot baru.

8. Mengurangi sembelit

Penyebab utama sembelit adalah dehidrasi. Minum air ketika bangun tidur tidak hanya akan mngatasi dehidrasi tetapi akan membantu meringankan sembelit, mendorong orang buang air besar dan merangsang gerakan usus di pagi hari. Ini adalah cara yang bagus untuk memulai hari. (AI)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *