Jalan Pasir Angin Amblas, hingga Kini Belum Ada Perbaikan

Jalan Pasir Angin Amblas, hingga Kini Belum Ada Perbaikan

Sebulan berlalu, jalan amblas di Kabupaten Bandung Barat tak kunjung diperbaiki. Pengguna jalan harus rela bergantian untuk bisa melintas.

Hingga Kini belum Ada Perbaikan, Jalan Pasir Angin Amblas di Kabupaten Bandung Barat

Konten.co.id (KBB) – Jalan Pasir Anging amblas sepanjang 25 meter dengan kedalaman sekira 2,5 meter. Jalan yang amblas tepatnya di Desa Ranca Senggang, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Badung Barat (KBB). Akibatnya, kendaraan yang akan melintas harus bergiliran. Sebab, kondisi jalan yang amblas tidak bisa dilalui dua kendaraan sekaligus. Apalagi kalau berlawanan arah.

Menurut warga setempat, kejadian amblasnya jalan sudah berlangsung selama sebulan. Namun, hingga kini belum ada tanda-tanda upaya perbaikan. Bahkan, kondisi tersebut dimanfaatkan warga setempat untuk mengais uang recehan dari para pengendara roda empat yang melintas.

“Katanya sedang menunggu petugas dari geologi,” terang salah seorang pemuda yang ikut mengatur arus lalu lintas kendaraan yang melintas ke sana.

Deni Jaelani (56), berharap jalan yang amblas segera diperbaiki. Masalahnya, setiap hari ia harus melintasi jalan tersebut. Seringkali Deni terpaksa terlambat tiba ditempat tugasnya, karena harus lama mengantre di jalan yang amblas.

Sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat terpaksa harus antre bergiliran agar bisa dengan aman melintasi bagian Jalan Pasir Angin yang amblas.

“Ya, habis mau bagaimana lagi. Soalnya untuk menuju sekolah tempat saya bertugas tidak ada jalan alternatif lain,” terang Kepala SMPN 3 Sindangkerta ini saat menemani asesor dari BAN S/M Provinsi yang akan melakukan visitarsi akreditasi di sekolahnya, Rabu (27/3/2019).

Berdasarkan pemantauan konten.co.id di lapangan,  akibat jalan yang amblas menimbulkan retakan panjang pada badan jalan  di atasnya. Bahkan, sebagian di antaranya tampak mulai ikut amblas meski tidak terlalu dalam.

“Tapi, kalau ini dibiarkan dan terus-terusan diguyur hujan, lama-lama bagian yang amblas bisa lebih panjang,” ungkap Asesor BAN S/M Provinsi Jabar, Ela Halimin.

Ela bahkan terpaksa harus turun dari kendaraan yang ditumpanginya untuk memastikan bagian jalanan yang amblas bisa dilewati dengan aman. (SMS)***

Kang Oni
AUTHOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *