Indah Surga Dunia Di Air Terjun Tiu Kelep

Indah Surga Dunia Di Air Terjun Tiu Kelep

Kaki Gunung Rinjani memiliki keindahan tak terhingga dari salah satu air terjunnya yaitu Air Terjun Tiu Kelep.

Menyusuri Objek Wisata di Lombok Utara

Konten.co.id (Nusa Tenggara Barat) – Selama ini, air terjun yang dikenal di kaki Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat, yakni Sendang Gile. Popularitasnya sudah terkenal baik di dalam negeri maupun mancanegara karena kemolekkan alamnya di areal objek wisata tersebut.

Namun, jangan salah, terdapat satu air terjun lagi yang berada di kaki Gunung Rinjani, namanya Tiu Kelep. Dalam bahasa lokal air terjun ini memiliki arti tempat menampung air “terbang” yang mengalir tiada hentinya dari atas.

Keduanya berada di Desa Senaru, Lombok Utara, yang tidak jauh dengan pintu gerbang pendakian Gunung Rinjani. Untuk air terjun Tiu Kelep ini, dipastikan wisatawan akan takjub melihat pemandangan alam yang benar-benar alami tersebut sehingga berat untuk meninggalkannya.

Dengan sejumlah air terjun yang sejajar dan satu air lagi berada di paling atasnya, menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Jika tengah beruntung, saat cuaca cerah tepat pada tengah hari konon akan muncul pelangi. Kendati demikian, meski datang dengan cuaca tidak cerah, dijamin tidak akan mengurangi keeksotikannya.

Tidak mengherankan mayoritas pengunjung yang datang ke lokasi tersebut, berasal dari mancanegara yang menyukai tantangan tersendiri. Pasalnya untuk mencapai lokasi, pengunjung memerlukan perjalanan semi ekstrem.

Treknya melintasi jalan setapak yang mendaki dan menyebrangi jembatan serta mengikuti aliran irigasi. Sampai menuruni sungai dengan di kiri kanan tebing sisa-sisa longsoran pascagempa beberapa waktu lalu yang melanda Pulau Lombok. Memerlukan kesabaran tersendiri untuk mencapai air terjun.

Bahkan wisatawan sesekali harus melewati pohon yang tumbang. Namun, tantangan itu, merupakan perjalanan yang terasa nikmat jika dilalui dengan keceriaan untuk mencari surga tersembunyi di kaki Gunung Rinjani tersebut.

Rasa lelah terasa namun hilang begitu saja, saat dari kejauhan terdengar deru air. Langkah kaki ingin segera mencapai sumber suara itu. Alhasil rasa lelah itu terbayar tuntas saat melihat bentangan alam air terjun Tiu Kelep.

Lokasi yang indah akan memaksa pengunjung untuk segera berendam di air yang benar-benar menyegarkan, dengan warnanya yang bening. Seperti diketahui air tersebut berasal dari Gunung Rinjani.

Jika tidak ingin berendam, pengunjung pun dapat berswafoto ria dengan latar balakang jajaran air terjun atau sekadar memercikan air ke muka setelah hampir 45 menit menapaki jalan setapak dari pintu gerbang objek wisata alam itu.

Lokasinya benar-benar tersembunyi di dasar dua punggungan gunung yang mengapit. Itulah yang menjadi nilai jual tersendiri. Meski jauh dari sarana yang memadai, tetap saja tidak mengurangi lokasi yang mirip surga sengaja diturunkan ke bumi.

“Sebenarnya jalur menuju ke air terjun Tiu Kelep ini, bukan lewat sini, tapi lewat atas. Karena kena longsoran gempa, jadi kita harus melintasi sungai,” kata Abdullah, salah seorang warga Desa Senaru.

Ia juga menyebutkan kebanyakan yang mengunjungi objek wisata itu, berasal dari mancanegara seperti Eropa dan China.

“Terhitung jarang, wisatawan lokal yang ingin ke air terjun ini. Mungkin mereka berpikir jaraknya yang cukup jauh dan harus melewati jalan setapak yang lumayan ekstrem,” paparnya. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *