Ibu di Bangladesh Lahirkan Tiga Bayi dengan Jeda Sebulan

Ibu di Bangladesh Lahirkan Tiga Bayi dengan Jeda Sebulan

Tak pernah disangka, wanita ini bisa melahirkan tiga bayi namun dalam waktu yang berbeda. Jaraknya berbeda satu bulan.

Wanita Asal Bangladesh Miliki Rahim Ganda, Lahirkan Bayi dengan Jeda Satu Bulan

Konten.co.id – Seorang wanita asal Bangladesh melahirkan dua kali dalam jarak waktu kurang dari satu bulan. Saat kelahiran yang kedua, wanita itu melahirkan anak kembar.

Arifa Sultana (20), melahirkan bayi laki-laki dengan keadaan prematur pada bulan Februari lalu. Lalu 26 hari kemudian, Sultana dibawa ke rumah sakit karena merasakan sakit di perut bagian bawahnya. 

Para dokter melakukan USG dan melihat bahwa dia memiliki dua uterus, suatu kondisi yang disebut dengan uterus didelphys. Sultana masih mengandung dua bayi di rahim yang satunya. Operasi caesar darurat pun dilakukan oleh para dokter untuk mengeluarkan bayi kembar tersebut.

Sultana berasal dari desa dan melahirkan bayi pertamanya di rumah sakit Khulna Medical Collage. Kurang dari satu bulan, dia dibawa ke rumah sakit Ad-din di jessore karena merasakan sakit perut, yang ternyata ada bayi lain di rahim satunya.

Menurut Sientific America  yang dilansir dari Live Science, memiliki rahim ganda relatif jarang terjadi. Hal ini terjadi hanya satu dari 2000 wanita. Dalam kasus Sultana, kemungkinan ovariumnya melepaskan tiga telur sekaligus, yang dibuahi pada saat yang sama, kata Dr. Christopher Ng, dari GynaeMD Clinic di Singapura kepada BBC.

Ini bukan kasus pertama seorang wanita dengan kondisi hamil di kedua rahim. Pada tahun 2011, dilaporkan bahwa seorang wanita di Florida melahirkan dua bayi dari kedua rahimnya yang terpisah. Pada saat itu, dokter mengatakan peluang terjadinya ini adalah satu dari lima juta.

Rahim ganda mungkin tidak memengaruhi kehidupan seks, kehamilan, dan persalinan wanita, tetapi dalam beberapa kasus kondisinya dapat menyebabkan infertilitas, keguguran, kelahiran prematur, atau kelainan ginjal, menurut Mayo Clinic yang dilansir dari CBS News. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *