HPI Jadi Momentum Pengentasan Masalah Perempuan Dunia

HPI Jadi Momentum Pengentasan Masalah Perempuan Dunia

Berawal dari aksi perlawanan perempuan terhadap kesewenang-wenangan, Hari Perempuan Internasional diakui dunia.

Kesetaraan Perempuan Diusung Sejak Seabad Lalu

Konten.co.id (Belarus) – Sejumlah organisasi kemasyarakatan dan pemerintah di berbagai penjuru dunia rayakan Hari Perempuan Internasional, Jumat ini (8/3).

Seremonial ini sebagai upaya merayakan keberhasilan perempuan dalam bidang sosial, ekonomi, budaya politik di seluruh dunia serta untuk menyerukan kesetaraan gender, yang telah berlangsung lebih dari 100 tahun.

Hari Perempuan Internasional selalu diperingati setiap tanggal 8 Maret. Mereka yang ikut serta dalam acara ini terdiri dari kalangan pemerintah, organisasi-organisasi perempuan, kalangan bisnis dan amal. Berbagai kota, besar dan kecil, memperingatinya dengan pawai, konferensi, proyek seni dan budaya, serta ceramah.

Peringatan ini sudah ada sejak tahun 1908, ketika 15 ribu perempuan pekerja konveksi mogok kerja dan berpawai melalui jalan-jalan kota New York, menuntut jam kerja yang lebih pendek, upah yang lebih baik dan hak pilih.

Memasuki tahun 1910, seorang perempuan Jerman bernama Clara Zetkin mengusulkan ditetapkannya Hari Perempuan pada konferensi internasional yang dihadiri 100 perempuan. Usulan tersebut diterima dengan suara bulat.

Pada tahun 1911, untuk pertama kalinya dirayakan di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss. Lebih dari 1 juta perempuan dan lelaki turut serta dalam aksi demonstrasi untuk mendukung hak-hak perempuan untuk bekerja, memilih, belajar dan menduduki jabatan publik.

Untuk pertama kali, Hari Perempuan Internasional secara resmi diakui PBB pada tahun 1975. Pada tahun 2011, Presiden Amerika ketika itu, Barack Obama, bertindak selangkah lebih jauh dengan menetapkan bulan Maret sebagai Bulan Sejarah Perempuan.

Peringatan Hari Perempuan Internasional saat ini tidak spesifik untuk satu negara, kelompok atau organisasi, namun nyaris berpusat pada berbagai isu-isu yang menyangkut perempuan di dunia. (ME)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *