Hina Jokowi Pakai Dukun, Warga Sumut Ditangkap Polisi

Hina Jokowi Pakai Dukun, Warga Sumut Ditangkap Polisi

Polisi menangkap ZA (25) terkait kasus pelanggaran UU ITE. ZA menulis status Jokowi gunakan dukun untuk terpilih lagi di Pilpres 2019.

Tuding Jokowi Gunakan Dukun, Warga Sumut Ditangkap Polisi

Konten.co.id – Polisi menangkap pria berinisial ZA (25) warga Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara (Sumut) terkait kasus ITE. ZA menulis status di akun Facebook soal yang dinilai menghina Jokowi dan main dukun.

“Iya, yang bersangkutan sudah diamankan hari Minggu (17/3/2019) lalu,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja dilansir dari detik.com, Jumat (22/3/2019).

Tatan menjelaskan kasus ini bermula dari laporan Tim Kampanye Daerah (TKD) Sumut Jokowi-Ma’ruf. TKD mempersoalkan isi status itu.
“Yang bersangkutan dilaporkan tentang, karena kan menyebutkan berkaitan dengan 01, ‘b***s*t’ dan seterusnya, ‘pakai dukun untuk capres 01’, jadi dilaporkan oleh TKD Sumut,” ujarnya.

ZA menulis status itu atas kemauannya. Kini ia sudah diamankan di Mapolda Sumut sejak Minggu (17/3/2019). 

Tatan menambahkan isi status Facebook ZA tersebut yakni ‘B*n*t*ng kau otak setan main dukun, 2019 tetap ganti presiden,. “‘B*n*t*ng kau’ ya Pak jokowi yang dimaksudnya, otak setan main dukun,” ucapnya.

Polisi yang menindaklanjuti laporan itu kemudian melakukan serangkaian pemeriksaan hingga menangkap ZA di kediamannya. ZA mengaku menulis status itu atas kemauan sendiri.

“Dia merasa bahwa pemerintah itu tidak baik, bahwa capres 01 itu tidak baik. dan dari hasil keterangan yang bersangkutan itu atas kemauan sendiri, tidak ada yang menyuruh,” kata Tatan soal motif ZA.

ZA telah ditetapkan sebagai tersangka. Dia dikenakan UU ITE Pasal 14 Ayat 1 UU No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana Subsider Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 Ayat 2 jo Pasal 27 Ayat 3 jo Pasal 45 Ayat 3 UU RI Nomor 11 tahun 2016 perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang ITE. (AI)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *