Gempa Guncang Lombok, Wisatawan Terjebak di Tiu Kelep

Gempa Guncang Lombok, Wisatawan Terjebak di Tiu Kelep

Gempa yang mengguncang NTB mengakibatkan wisatawan di air terjun Tiu Kelep terkena longsoran. Proses evakuasi masih terus dilakukan.

Dua Orang Meninggal Saat Gempa Guncang NTB

Konten.co.id (NTB) – Sebanyak 40 orang wisatawan dilaporkan terjebak di kawasan wisata air terjun Tiu Kelep, Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB, saat gempa magnitudo 5,8 mengguncang Lombok, Minggu (17/3/2019) pukul 15.07 WITA.

Kabag Humas dan Protokol Pemda KLU, Mujaddid Muhas menyebutkan, dampak bencana gempa tersebut mengakibatkan longsor di kawasan air terjun Tiu Kelep.

Terdapat sekitar 40 orang wisatawan terkena longsoran di sekitar kejadian.

“Korban dominan berasal dari wisatawan Malaysia dan domestik,” ujar Mujaddid saat dikonfirmasi, Minggu sore.

Sementara itu, pihak BPBD dan Dinkes Pemda KLU, saat ini telah menerjunkan empat unit ambulans ke lokasi kejadian bersama personil dan paramedis. Hingga saat ini proses evakuasi masih terus dilakukan. 

Dari informasi sementara, lima orang wisatawan sudah bisa dievakuasi, dua orang dikabarkan meninggal dunia dan sejumlah lainnya luka-luka. Sementara satu orang dirawat di Puskesmas Bayan.

Humas Basarnas Kantor SAR Mataram, I Gusti Lanang Wiswananda mengatakan, pihaknya telah menerjunkan personil untuk membantu melakukan evakuasi korban di kawasan air terjun Tiu Kelep.

Diketahui gempa bumi beruntun dengan magnitudo 5,8 dan 5,2 mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (17/3/2019). 

Di Kota Mataram, getaran gempa dirasakan warga cukup kuat. Warga yang kaget akan goncangan gempa, berhamburan ke luar rumah.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, informasi awal gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 5,8 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 5,4. 

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,47 LS dan 116,55 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 km arah utara Kota Selong, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada kedalaman 19 km.

Banyaknya korban pada musibah ini, air terjun Tiu Kelep akan ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *