Earth Hour 2019, Matikan Lampu Mulai Jam 20.30

Earth Hour 2019, Matikan Lampu Mulai Jam 20.30

Malam ini menjadi hari peringatan Earth Hour. Masyarakat diminta untuk memadamkan lampu selama satu jam.

Peringati Earth Hour, Padamkan Lampu Selama 1 Jam Malam Ini

Konten.co.id – Hari ini, 30 Maret diperingati sebagai Earth Hour. Untuk memperingatinya, kota-kota di dunia termasuk Jakarta akan memadamkan lampu.

Pemadam lampu akan dilakukan selama satu jam mulai pukul 20.30-21.30 WIB. Warga Jakarta diminta untuk mematikan lampu secara serentak.

Kota-kota besar di Indonesia juga diminta untuk memadamkan lampu pada jam yang telah ditentukan. Earth Hour menjadi upaya paling sederhana untuk menyelamatkan Planet Bumi.

Akhir Maret dipilih sebagai waktu penyelenggaraan Earth Hour karena saat ini, mayoritas negara di seluruh belahan dunia sedang mengalami pergantian musim. Suhunya pun cukup nyaman bagi penduduk bumi jika pendingin maupun pemanas ruangan dimatikan saat Earth Hour.

Selain itu, di akhir Maret, rata-rata semua belahan dunia sudah cukup gelap sekitar jam 20.30–21.30 sehingga efek Earth Hour akan sangat terasa.

Jika dilakukan di pertengahan tahun, negara-negara tertentu masih terang hingga jam 20.00. Berdasarkan data konsumsi listrik tahun 2008, total 23 persen konsumsi listrik Indonesia terfokus di DKI Jakarta dan Tangerang.

Jika melakukan perbandingan antar pulau, maka wilayah Jawa-Bali adalah konsumen listrik terbesar di Indonesia. Sebesar 78 persen konsumsi listrik Indonesia terpusat di kedua pulau ini. (FW)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *