Dibanjiri Dana Asing, IHSG Kena Batunya

Dibanjiri Dana Asing, IHSG Kena Batunya

Sebagaimana diungkapkan oleh laman resmi Bursa Efek Indonesia, sepanjang tahun 2018 lalu, sebanyak Rp 50,75 triliun dibawa keluar oleh investor asing dari pasar saham tanah air.

Investor Asing Gencar Beli di Pasar Saham Sejak Awal Tahun

Konten.co.id (Jakarta) – Beberapa hari perdagangan terakhir, momentum penguatan bursa saham regional tak bisa dimanfaatkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Senin (11/3/2019), IHSG melemah 0,26% dan pada Selasa (12/3/2019), IHSG melemah sebesar 0,36%.

Dilansir CNBC Indonesia, Sebagai perbandingan, hingga berita ini diturunkan, indeks Nikkei diperdagangkan naik 1,79%, indeks Shanghai naik 1,1%, indeks Hang Seng naik 1,42%, indeks Straits Times naik 0,77%, dan indeks Kospi naik 0,89%.

Aksi ambil untung yang dilakukan investor asing menjadi momok bagi IHSG dalam 3 hari perdagangan terakhir. Senin lalu, jual bersih investor asing mencapai Rp 558,6 miliar dan pada Selasa, nilainya adalah Rp 388,48 miliar.

Hal ini sejatinya bisa dimaklumi. Pasalnya, bursa saham Indonesia sudah dibanjiri aliran dana investor asing sejak awal tahun. Terhitung sepanjang tahun ini (hingga penutupan perdagangan kemarin), investor asing telah membukukan beli bersih senilai Rp 11,2 triliun di pasar saham tanah air dan IHSG telah menguat 2,78% dalam periode tersebut.

Aksi ambil untung yang dilakukan investor asing menjadi momok bagi IHSG dalam 3 hari perdagangan terakhir. Senin lalu, jual bersih investor asing mencapai Rp 558,6 miliar dan pada Selasa, nilainya adalah Rp 388,48 miliar.

Investor asing sangat gencar melakukan aksi beli di pasar saham sejak awal tahun ini seiring dengan aksi jual besar-besaran yang sudah dilakukan pada tahun 2018. Sepanjang tahun lalu, sebanyak Rp 50,75 triliun dibawa keluar oleh investor asing dari pasar saham tanah air, seperti dilansir dari laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Berdasarkan Riset yang dilakukan CNBC Indonesia mengumpulkan data aliran modal investor asing di pasar saham secara tahunan melalui IDX Fact Book yang dipublikasikan oleh BEI. Data yang berhasil dikumpulkan adalah pada periode 2004-2017.

PAKAI GRAFIS NERACA YANG DIPAKAI CNBC

Histogram Arus Modal Asing.

Berdasarkan data itu terlihat bahwa jual bersih pada tahun lalu merupakan yang terbesar dalam setidaknya 15 tahun. Selain itu, pasar saham Indonesia pun mengalami sesuatu yang sangat jarang atau mungkin belum pernah dialami sebelumnya: investor asing membukukan jual bersih selama dua tahun berturut-turut.

Prospek damai dagang AS-China yang semakin nyata pasca Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping menyetujui gencatan senjata di Argentina pada akhir tahun lalu membuat investor asing seakan tak kenal lelah berbelanja di pasar saham tanah air pada tahun ini.

Segala hal yang berlebihan tidaklah baik. Sudah masuk kelewat banyak dalam waktu yang relatif singkat, kini waktunya investor asing mencairkan keuntungan yang sudah mereka dapatkan. (ME)

Ahmad
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *