Curug Pandawa, Air Terjun yang Cocok Berswafoto

Curug Pandawa, Air Terjun yang Cocok Berswafoto

Wisata ke air terjun bisa jadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan. Salah satunya mengunjungi air terjun yang ada di wilayah Banten.

Berkunjung ke Banten, Yuk Melipir ke Curug Pandawa

Konten.co.id (Banten) – Curug (air terjun) Pandawa yang terletak di Kampung Kadu Betus, Desa Kawoyang, Kecamatan Carita bisa jadi pilihan alternatif wisatawan yang bosan dengan wisata itu-itu aja.

Menurut cerita rakyat, Curug Pandawa di wilayah Gunung Pangajaran itu diyakini pernah disinggahi Kerajaan Pandawa sebelum ke Negeri Amartha atau Indraprastha di India.

Wisatawan yang ingin berkunjung bisa melalui jalan Raya Carita-Anyer. Tepatnya masuk dari Bengras menuju Desa Kawoyang singgah di Kampung Kadu Betus. Cukup ditempuh sekitar 6 kilometer dan dilanjutkan dari Kadu Betus ke curug itu sekitar 3 kilometer.

Untuk sampai Curug Pandawa, dari Kampung Kadu Betus harus menggunakan motor atau jalan kaki. Jalan setapak berukuran sekitar lebar 2 meter melintas bukit perkebunan masyarakat dan hutan Gunung Pangajaran.

Spot ini, sangat cocok untuk wisatawan yang hobi menjelajahi hutan. Baik jalan kaki maupun menggunakan kendaraan trail (gastrack), karena kawasan menuju ke sana melalui  bukit yang dikelilingi hutan.

Tidak ketinggalan untuk yang hobi swafoto, bisa sambil berenang di air yang benar-benar masih murni atau bersumber dari pegunungan. Terdapat pula serodotan alami di kawasan curug.

Hanya saja memang saat ini belum banyak orang tahu. Kawasan itu baru ditemukan beberapa bulan lalu, pada saat masyarakat mendengar dan banyak berkunjung ke Curug Putri. Sebab, lokasi Curug Pandawa tidak jauh jaraknya dengan Curug Putri yakni sekitar 250 meter saja.

Pengelola Curug Pandawa, Misri mengatakan, sebetulnya Curug Pandawa ini sudah dikenal oleh para wisatawan yang kerap berkunjung ke Curug Putri.

Hanya saja namanya, kata dia, bukan Curug Pandawa, akan tetapi disebut Cadas Ngampar. Disebut Cadas Ngampar karena ada batu cadas yang terhampar di area curug itu yang bisa digunakan perosotan.

“Sudah ada wisatawan yang berkunjung, tapi itu wisatawan yang berniat ke Curug Putri. Mereka sih, taunya ini Cadas ngampar. Padahal menurut cerita terdahulu, ini dikenal Curug Pandawa,” ungkap Misri beberapa waktu lalu, dilansir dari Bantennews.com

Ada sekitar 40-50 orang yang sengaja berkunjung di area tersebut saat akhir pekan. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *