Carter Center Pernah 3 Kali Jadi Pemantau Pemilu

Carter Center Pernah 3 Kali Jadi Pemantau Pemilu

Siapa Carter Center yang banyak didengungkan warganet. Bahkan sampai meminta untuk datang menjadi pemantau Pemilu di Indonesia.

Ini Dia Carter Center yang Sempat Menjadi Trending di Indonesia

Konten.co.id – Netizen ramai mengundang salah satu NGO besutan mantan Presiden US, Jimmy Carter, The Carter Center untuk menjadi salah satu pemantau Pemilu 2019 dari luar negeri.

Hal itu nampak jelas dalam trending topik di media sosial twitter yang memasang tagar #IndonesiaCallsCarterCenter dan sempat menduduki topik teratas. Tagar itu sempat bertahan hingga Rabu (27/3/2019) pagi. Namun saat beranjak siang sudah lenyap berganti tagar lain.

#IndonesiaCallsCarterCenter sendiri ada karena keinginan masyarakat agar ada tim pengawas dan pemantau independen dari luar negeri. Hal ini karena adanya dugaan kecurangan dan berbagai masalah yang terjadi di Pilpres 2019. 

Carter Center merupakan sebuah NGO atau lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang kemanusiaan, perdamaian, kesehatan, pembangunan, dan lain sebagainya.

Carter Center sudah berkali-kali menjadi pemantau pemilu di Indonesia. Di antaranya pada Pemilu 1999, Pemilu 2004, dan Pemilu 2009.

Di sisi lain, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI baru-baru ini telah mengakreditasi puluhan lembaga pemantau Pemilu. 49 lembaga di antaranya dari dalam negeri, sedangkan dua lembaga berasal dari luar negeri.

Tagar ini pertama kali didengungkan oleh akun @Opposite6890. Opposite juga menyertakan sebuah video dalam cuitannya.

Di awal video berdurasi satu menit itu, Opposite menuliskan kata-kata SOS yang dilanjutkan dengan kata Indonesia Calls Observers.

SOS berarti panggilan darurat dan sangat genting. Indonesia Calls Obersvers juga sempat menjadi tagar dan juga menjadi trending. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *