Black Box Ungkap Insiden Ethiopian Airlines Mirip Lion Air

Black Box Ungkap Insiden Ethiopian Airlines Mirip Lion Air

Kecelakaan Ethiopian Airlines mempunyai kemiripan dengan pesawat Lion Air yang jatuh di Karawang tahun lalu. Keduanya pun menggunakan pesawat Boeing 737 Max 8.

Pesawat Ethiopians Airlines dan Lion Air Menukik Usai Lepas Landas

Konten.co.id (Ethiopia) – Kementerian Transportasi Ethiopia melaporkan data dari black box atau kotak hitam Ethiopian Airlines yang jatuh minggu lalu. Hasilnya menunjukkan kemiripan dengan kecelakaan pesawat Lion Air yang terjadi di Karawang, Jawa Barat pada tahun lalu.

Dagmawit Moges menolak memberi rincian penyelidikan. Ia mengatakan bahwa kesamaan ini akan menjadi subjek penelitian lebih lanjut dalam penyelidikan. Hasil laporan awal penyelidikan akan dipublikasikan dalam waktu 30 hari.

Dilansir dari France24 pada Minggu (17/3/2019), meskipun penyelidikan penyebab kecelakaan masih dalam tahap awal, data penerbangan mencatat bahwa Boeing 737 Max 8 yang digunakan oleh Ethiopian Airlines mungkin memiliki masalah yang sama dengan pesawat Lion Air Indonesia, yang jatuh pada Oktober tahun lalu.

Kedua pesawat dilaporkan jatuh menukik setelah lepas landas dengan kecepatan yang tidak stabil, lalu kehilangan daya angkat sehingga tidak sanggup melayang di udara.

Pilot dari pesawat Lion Air 610 berjuang untuk mengendalikan pesawat ketika sistem MCAS menggerakkan pesawat untuk turun.

Dalam kasus Ethiopia Airlines, black box telah diserahkan ke BEA air safety agency atau badan keamanan Prancis, yang bekerja sama dengan penyelidik Amerika dan Ethiopia untuk menentukan penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Kecelakaan Ethiopian Airlines membuat keluarga di 35 negara berduka. Sementara di hari yang sama, masyarakat Ethiopia berkumpul di Holy Trinity Cathedral, Addis Ababa untuk mengubur 17 warganya yang tewas dalam kecelakaan itu, termasuk delapan orang awak pesawat. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *