Berat Selvia Penderita Obesitas di Lamongan, Mulai Susut

Berat Selvia Penderita Obesitas di Lamongan, Mulai Susut

Kasus obesitas di Lamongan cukup menghebohkan pada akhir tahun lalu. Ada dua kasus obesitas yang diderita seorang gadis 14 tahun dan wanita dewasa berumur 31 tahun.

Dua Kasus Obesitas Dijumpai di Lamongan, Seorang Penderita Meninggal Dunia

Konten.co.id (Lamongan) – Selvia Dwi Susanti (14), penderita obesitas dari Kabupaten Lamongan, Jawa Timur berat badannya mulai menyusut. Obesitas yang dialami Selvia menyebabkan berat badannya mencapai 179,3 kilogram.

Kini berat Selvia berkurang sebanyak 40 kilogram. Dokter yang menangani Selvia dari Puskesmas Bluluk Lamongan, Yana, mengatakan berat badan Selvia kini sudah menurun menjadi 139 kilogram. Petugas kesehatan selalu memeriksa minimal satu kali dalam seminggu.

Selvia tidak melakukan diet ketat. Dia hanya mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak yang menjadi kesukaannya selama ini. Takaran makanannya dua sampai tiga sendok nasi per hari.

Sementara makan sayur dan buah diperbanyak. Selvia juga rutin jalan kaki setelah subuh selama satu jam. Ia juga rajin minum air putih.

Selain Selvia, kasus obesitas di Lamongan juga menimpa Nurhidayati Khusnul (31). Namun Nurhidayati meninggal dunia pada Minggu (24/3/2019). Ia sebelumnya menjalani perawatan di RSUD dr Soegiri sejak Selasa (19/3/2019).

Nurhidayati harus dibantu alat pernapasan selama dirawat. Berat badan Nurhidayati mencapai 200 kilogram. Kondisinya terus memburuk karena menderita komplikasi penyakit.

Kabid Pelayanan RSUD Soegiri Lamongan, Maya Dewi mengatakan, kondisi pasien obesitas semakin menurun pada Minggu siang. Sebenarnya pasien sudah dibantu alat pernapasan sejak Kamis (21/3/2019) karena kondisinya tak membaik.

“Komplikasi dan infeksi sebelumnya sudah parah,” ujar Maya dilansir dari Radar Bojonegoro. (FW)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *