Bayi 5 Bulan Meninggal Usai Disunat Orang Tuanya

Bayi 5 Bulan Meninggal Usai Disunat Orang Tuanya

Seorang bayi laki-laki di Italia dilaporkan meninggal dunia usai disunat oleh orang tuanya. Bayi itu kehilangan banyak darah sebelum dibawa ke rumah sakit.

Bayi Kembar di Italia Disunat di Rumah, Satu Bayi Meninggal Dunia

Konten.co.id (Italia) – Seorang bayi berusia lima bulan meninggal akibat disunat oleh orang tuanya di rumah, menurut laporan media Italia pada hari Minggu (24/3/2019).

Bayi tersebut mengalami serangan jantung dan langsung dibawa ke rumah sakit di Bologna menggunakan helikopter pada Jumat (22/3/2019) sore dan meninggal malam itu.

Kantor kejaksaan di provinsi utara, Reggio Emilia, telah membuka penyelidikan terhadap pembunuhan tidak sengaja dan balita tersebut akan menjalani otopsi.

Dilansir dari AP News, tragedi itu terjadi setelah balita kembar berusia dua tahun disunat oleh orang tuanya sendiri di rumah pada bulan Desember.

Balita tersebut meninggal karena kehilangan banyak darah, tetapi saudara kembarnya selamat setelah menjalani perawatan intensif.

Banyak imigran di Italia yang beragama Islam dan melakukan sunat karena alasan agama dan budaya, tetapi terkadang mereka sulit untuk mendapatkan layanan sunat di rumah sakit karena mayoritas masyarakat Roma di Itali menganut agama Katolik dan tidak melakukan sunat. 

Alasan mereka melakukan sunat sendiri karena sebagian orang tidak mempunyai biaya untuk pergi ke rumah sakit karena harganya yang mahal. Juga, di beberapa rumah sakit Italia, dokter menolak untuk melakukan sunat sampai anak laki-laki mencapai umur 4 tahun atau lebih.

Pendiri asosiasi dokter asing di Italia (AMSI), Foad Aodi meminta otoritas kesehatan untuk mengizinkan penyunatan dengan harga terjangkau dan mengurangi batas minimal usia anak untuk disunat. Solusi itu juga dapat membantu melawan upaya klandestin atau praktik ilegal dalam penyunatan. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *