Awas Pneumonia Rentan Menyerang

Awas Pneumonia Rentan Menyerang

Pneumonia adalah suatu penyakit infeksi atau peradangan pada organ paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur ataupun parasit. Waspada terhadap gejalanya.

Batuk Hingga Sakit Dada Gejala Penyakit Pneumonia

Konten.co.id – Jika anda mengalami batuk dan sesak napas, sangat perlu dikhawatirkan. Siapa tahu anda mengalami Pneumonia.

Pneumonia adalah suatu penyakit infeksi atau peradangan pada organ paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur ataupun parasit streptococcus pneumoniae. Menyebabkan pulmonary alveolus yang bertanggung jawab menyerap oksigen menjadi inflame terisi oleh cairan.

Menurut dr Andi Nazarudin, Sp.P, dokter spesialis paru Mayapada Hospital Tangerang, penyakit ini sangatlah berbahaya. Terutama bagi orang yang sudah lanjut usia.

Gejala penyakit ini memang sangat mudah terlihat. Batuk, sakit dada, demam, dan kesulitan bernafas menjadi beberapa gejala penyakit tersebut.

“Kebanyakan dari lansia kekebalan tubuhnya sudah lemah, jadi akan sangat mudah terserang penyakit tersebut,” ujarnya dihubungi Konten.co.id, Minggu (24/3/2019).

Dikatakan pria yang akrab disapa Andi ini, dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun membuat penyakit tersebut rentan terkena ke siapa saja. Untuk jenisnya sendiri, pneumonia terbagi dua yaitu pneumonia komunitas dan nosokomial.

Pneumonia komunitas adalah pneumonia yang didapat di masyarakat. Yaitu dari lingkungan masyarakat yang tentunya tidak sehat.

Sementara Pneumonia nosokomial atau hospitality acquired didapat saat pasien berada di rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan.

“Penyakit ini juga tergantung dari lingkungannya. Kalau lingkungan buruk dan sistem imun yang juga tidak mendukung tubuh melawan penyakit ini dijamin virus pneumonia akan mudah menyerang tubuh,” terang pria yang dikenal pendiam ini.

Gejala penyakit ini memang sangat mudah terlihat. Batuk, sakit dada, demam, dan kesulitan bernafas menjadi beberapa gejala penyakit tersebut.

Sedangkan tanda-tanda menderita Pneumonia dapat diketahui setelah menjalani pemeriksaan X-ray atau Rongent dan pemeriksaan sputum.

“Biasanya mereka pengidap pneumonia bisa batuk dan sulit bernapas lebih dari seminggu. Makanya harus diwaspadai kalau sudah merasakan hal ini, siapa tahu anda juga terjangkit pneumonia,” jelasnya.

Untuk mencegah dan mengobati penyakit ini menyerang tubuh kita, ada berbagai cara. Salah satunya dengan pemberian antibiotik.

Selain itu juga kepada pasien ditekankan dengan istirahat yang cukup dan pemberian intake cairan yang cukup banyak serta gizi yang baik untuk membantu pemulihan daya tahan tubuh.

Selain itu, selalu hidup sehat dan menjaga lingkungan agar tetap bersih juga harus dilakukan untuk mencegah virus Pneumonia menyerang tubuh.

“Pengobatan haruslah benar-benar sampai tidak ada lagi gejala atau hasil pemeriksaan X-ray dan sputum tidak lagi menampakkan adanya bakteri Pneumonia. Jika tidak maka suatu saat Pneumonia akan kembali diderita,” tukasnya. (AI)

Ahmad
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *