Andi Sose Tutup Usia, Karirnya Tak Hanya di Dunia Militer

Andi Sose Tutup Usia, Karirnya Tak Hanya di Dunia Militer

Sosok Andi Sose akan dikenang sebagai tokoh yang sukses di berbagai bidang. Tak hanya di militer, ia juga sukses di bisnis transportasi hingga bank.

Tokoh Makassar Meninggal Dunia, Dikenal Sebagai Sosok Sukses di Dunia Bisnis

Konten.co.id (Makassar) – Brigjen TNI (Purn.) Dr. H. Andi Sose menghembuskan nafas terakhir Selasa (26/3/2019) pagi. Selama masa hidupnya, Andi Sose dikenal sebagai tokoh yang dermawan. Ia juga mendirikan sebuah kampus.

Andi Sose melewati perjalanan sejarang yang panjang. Ia mengabdikan diri di empat masa. Yakni masa revolusi, militer, entrepreneuer, dan masa organisasi kemasyarakatan serta keagamaan. 

Selama karirnya, almarhum Andi Sose sudah menerima lebih dari 100 penghargaan. Salah satunya yakni Bintang Mahaputra Nararya, penghargaan sipil yang tertinggi.

Dilansir dari Fajar Online, penghargaan itu diberikan bagi warga negera yang berjasa secara luar biasa untuk negeri ini. Pria kelahiran Sossok, Enrekang ini punya prinsip yang jelas.

Jika dalam keadaan perang, maka militer harus di depan. Namun saat dalam keadaan damai, maka ekonomi yang berperan. Sebagai prajurit, ia berperan mengusir penjajah. 

Saat tak menjadi seorang militer, Andi Sose hadir dengan banyak gebrakan. Misalnya ketika ibukota Jakarta semrawut dengan taksi-taksi liar. Andi Sose menghadirkan 500 taksi berbendera Morante. Masalah taksi pun berhasil teratasi.

Tak hanya sampai di situ, untuk memperlancar arus transportasi di Jakarta, Andi Sose mendirikan usaha baru bernama Binaraya. Perusahaan tersebut mengoperasikan 150 bis kota dan 100 truk angkutan barang, serta angkutan kota berupa 100 mikrolet. Angkot yang di Sulawesi Selatan dikenal dengan nama petepete itu dihadirkan untuk menggantikan posisi oplet-oplet yang sudah tidak laik pakai di ibukota.

Usaha petepete yang merupakan ujicoba di Jakarta itu ternyata berhasil, dan disambut baik oleh para pemilik oplet. Sejak saat itu, Gubernur DKI mengeluarkan instruksi untuk mengganti peran oplet-oplet dengan mikrolet, dengan cara satu oplet diganti dengan satu mikrolet. Menurut data, pada era 70-an, Andi Sose adalah pemilik angkutan terbanyak di Indonesia, yakni 850 unit.

Ia bahkan sempat menjadi Ketua Umum Organda di Jakarta selama 15 tahun. Sukses di bisnis transportasi, Andi Sose merambah dunia bank. Ia menjadi bankir setelah mendirikan Bank Marannu yang merupakan bank hasil merger tiga bank. Yakni Bank Antar Indonesia, Bank Rakyat Sulawesi, serta Bank Tani dan Industri.

Sukses di bisnis bank, Andi Sose lantas berinvestasi lagi dengan mendirikan tujuh hotel, masing-masing di Makassar, Tana Toraja, dan Manado. Tak lama kemudian, ia masuk ke bisnis minuman melalui Coca-Cola setelah mendapat lisensi dari kantor pusat Coca-Cola Atlanta.

Kini sosok Andi Sose telah tiada. Namun jasanya akan dikenang terus bagi Indonesia. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *