Aktivis Garut Tolak Perubahan Status CA Kamojang

Aktivis Garut Tolak Perubahan Status CA Kamojang

Cagar Alam Kamojang dan Papandayan masih jadi perhatian para aktivis. Pasalnya belum ada jawaban dari pemerintah untuk tak mengubah statusnya menjadi Taman Wisata Alam.

Status CA Kamojang dan Papandayan Diubah Jadi TWA

Konten.co.id (Garut) – Penurunan status Cagar Alam (CA) Kamojang dan Papandayan menjadi Taman Wisata Alam (TWA) masih dipermasalahkan sejumlah aktivis lingkungan. 

Setelah beberapa waktu lalu aktivis melakukan jalan kaki dari Bandung menuju Jakarta, kini giliran aktivis lingkungan di Garut turun ke jalan.

Sambil membawa keranda mayat dan sejumlah spanduk penolakan, mereka menggelar unjuk rasa di Bundaran Simpang Lima, Garut, Jawa Barat.

CA Kamojang dan Papandayan berdasar keputusan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) SK.25/Menlhk/Setjen/Pla.2/1/2018 berubah statusnya. Padahal dengan status CA, kawasan tersebut juga belum terurus dengan baik 

Koordinator Aliansi Save Garut, Riana, mengatakan pihaknya menolak keras perubahan status tersebut dengan alasan apapun.

Riana meminta agar keputusan penurunan status CA jadi TWA dicabut.

“Padahal CA ini jadi tempat berlindung satwa dan ekosistem di dalamnya,” kata Riana disela aksi unjuk rasa, Kamis (14/3/2019).

Ia menyebut, banyak masyarakat yang belum mengetahui perubahan status tersebut. Aksi yang dilakukan juga untuk menyosialisasikan keputusan dari KLHK itu.

“Gunung dengan status CA itu tidak boleh diubah statusnya. Pemerintah harusnya tahu,” ujarnya.

Gunung Guntur hampir 70 persennya merupakan wilayah CA. Namun sampai sekarang belum ada perhatian lebih dari BKSDA. Buktinya banyak kerusakan alam yang terjadi.

Untuk Gunung Palandayan, wilayah Tegalpanjang juga akan diturunkan statusnya menjadi TWA.

Ia tak habis pikir, pemerintah lebih memilih menjadikan CA jdi TWA karena alasan bisnis. Padahal menjaga ekosistem jauh lebih penting. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *