ABK Dilatih Kerajinan, Omzetnya Capai Jutaan Rupiah

ABK Dilatih Kerajinan, Omzetnya Capai Jutaan Rupiah

ABK mempunyai kelebihan jika bisa diarahkan. Seperti yang dilakukan Rumah Autis Tangerang dengan melatih ABK.

ABK punya Keterampilan Seperti Anak Normal

Konten.co.id – Siapa bilang anak berkebutuhan khusus (ABK) tidak bisa berkreasi? Buktinya di Rumah Autis Tangerang mereka bisa berkreativitas. Anak para special needs memproduksi berbagai Handycraft berkualitas tinggi bersama Craft Cup. 

Dibuka sejak tiga tahun lalu, Craft Cup sudah memproduksi ribuan Handycraft terbaik seperti tas, dompet, tempat tisu dan bros.

“Kita produksi setiap hari dari tangan anak yang berkebutuhan khusus. Karena mereka mampu bekerja dengan apa yang mereka bisa,” ujar Dwi Astuti, Kepala Cabang Rumah Autis Tangerang.

Dengan bermodal tisu Jepang dan anyaman pandan, para anak tersebut merajut dan membentuk pola menjadi sebuah tas dan dompet indah.

Dikatakan Dwi, awalnya pihaknya hanya memberi modal bahan tersebut untuk anak autis dan down sydrom yang belajar di Rumah Autis Tangerang.

Setelah diproduksi, tanpa disangka mereka mampu dan bisa meraih omzet hingga Rp 6 juta per bulan.

“Kebanyakan banyak yang minta tas, dompet dan bros. Kemampuan anak autis bisa sejajar dengan yang normal ini luar biasa,” imbuhnya.

Soal harga, lanjut Dwi, cukup relatif. Tas dijual antara Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu. Sementara dompet dari Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu. Tempat tisu seharga Rp 100 hingga Rp 250 ribu. Sedangkan bros per pcs sebesar Rp 2 ribu. Untuk penjualannya sudah sampai ke seluruh Jawa bahkan sudah sampai ke Malaysia.

“Dengan bermodal 26 anak kita bisa produksi banyak handycraft yang terbaik dikelasnya. Banyak yang suka motif dan bentuknya, ” tandasnya.
Ia pun meminta agar orang tua yang memiliki ABK agar tidak takut anaknya tidak bisa berkembang. Hanya saja, kata dia, orang tua harus punya kesabaran.

“Yang penting biarkan tangan, kaki mereka bergerak untuk berkreasi. Jangan biarkan mereka diam serta harus sabar,” tukasnya. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *