Teluk Cendrawasih, Wajah Eksotis Indonesia Timur

Teluk Cendrawasih, Wajah Eksotis Indonesia Timur

Teluk Cendrawasih menjadi salah satu sudut terindah tempat pariwisata di Indonesia bagian Timur.

Menikmati Keindahan Flora dan Fauna di Teluk Cendrawasih

Konten.co.id (Papua) – Teluk Cendrawasih di Provinsi Papua menjadi salah satu Destinasi Wisata terindah di Indonesia bagian Timur.

Tidak hanya diakui dalam negeri saja, keindahan teluk cendrawasih ini juga sangat diminati wisatawan luar negeri.

Teluk cendrawasih yang berada di kota Manokwari ini merupakan sebuah taman laut yang terluas di dunia, yakni 14,535 km².  Taman Nasional Teluk Cenderawasih meliputi pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon dan Yoop.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia, terdiri dari daratan dan pesisir pantai (0,9%), daratan pulau-pulau (3,8%), terumbu karang (5,5%), dan perairan lautan (89,8%).

Dilansir dari tempatwisataunik.com, selain menjadi salah satu tempat scuba diving favorit di Indonesia, tempat ini pun menjadi pusat dari penelitian satwa laut yang cukup terkenal. Salah satu kegiatan yang cukup banyak dinantikan oleh para wisatawan adalah berenang di antara Hiu Paus yang cukup besar dan bisa dikatakan tidak terlalu agresif.

Tempat ini merupakan salah satu titik yang dilalui oleh hiu paus dalam perjalanan migrasi tahunannya. Hal ini lah yang membuat teluk cendrawasih juga menjadi salah satu pusat penelitian hiu paus yang cukup terkenal di dunia.

Disana pun ada empat jenis penyu yang sering ditemukan sekitar Taman Nasional Cendrawasih, yaitu penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu hijau (Chelonia mydas), penyu lekang (Lepidochelys olivaceae), dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea).

Hiu paus www.konten.co.id
Hiu Paus, penghuni Teluk Cendrawasih (dok Backpaker Jakarta)

Taman Nasional Teluk Cendrawasih memiliki ragam jenis ikan yang relatif cukup banyak. Tercatat kurang lebih 209 jenis ikan penghuni kawasan ini di antaranya butterflyfish, angelfish, damselfish, parrotfish, rabbitfish, dan anemonefish.

Keindahan alam dan kekayaan satwa yang ada di teluk cendrawasih membuat destinasi wisata ini mendapat perhatian khusus baik dari pemerintah setempat maupun pemerintah pusat. (ME)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *