Tarif Listrik 900 VA Turun Rp 52/kWh Mulai Maret

Tarif Listrik 900 VA Turun Rp 52/kWh Mulai Maret

Kabar bahagia bagi pelanggan listrik. PT PLN menurunkan tarif listrik mulai 1 Maret.

Arcandra: Penurunan Tarif Tak Berhubungan Dengan Tahun Politik

Konten.co.id (Jakarta) – Per 1 Maret 2019, PLN menurunkan tarif listrik. Namun penurunan tarif ini khusus untuk pelanggan dengan Rumah Tangga Mampu golongan R-I 900 VA.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka menuturkan, pelanggan golongan R-1 900 VA RTM hanya membayar tarif listrik sebesar Rp 1.300/kwh. Akan ada 21 juta pelanggan yang merasakan penurunan tarif tersebut.

“Penurunan tarif ini sebagai impak dari adanya efisiensi dan penurunan harga minyak serta menguatnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS,” ujar Made, Jumat (15/2/2019) dalam keterangan tertulisnya.

Potongan yang diberikan sebesar Rp 52/kwh. Penurunan tarif listrik dari Rp 1.352/kwh menjadi RP 1.300/kwh.

Made menambahkan bahwa insentif penurunan tarif bagi RTM 900 VA ini tidak menyertakan syarat apapun. Insentif yang diberikan PLN untuk memberikan ruang bagi pelanggan R-1 900 VA RTM agar dapat lebih banyak memanfaatkan listrik.

“Terutama untuk menunjang kegiatan ekonominya dan dalam kegiatan kesehariannya,” katanya.

Selain tarif listrik yang turun, sebelumnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah terlebih dahulu turun. Pemerintah pun membantah jika penurunan tersebut dihubungkan dengan situasi politik.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menegaskan, penyebabnya bukan karena tahun politik. Momentun penurunan tarif hanya bertepatan dengan tahun politik. Tetapi faktor utamanya karena harga energi yang juga sedang mengalami penurunan.

“Kalau BBM karena harga MOPS turun, maka konsumen juga harus mendapatkan harga yang adil. Komponen BBM kan juga ada beberapa persen di PLN, itu kami sesuaikan, karena memang harga energi juga turun,” ujar Arcandra. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan