Tak Ada Kejelasan Waktu di Kutub Selatan

Tak Ada Kejelasan Waktu di Kutub Selatan

Tahukah Anda jika luas Antartika lebih besar dari Eropa? Atau siapa penghuni tetap di Kutub Selatan itu?

Suhu Terendah di Antartika Bisa Buat Orang Meninggal Kedinginan

Konten.co.id – Antartika atau kawasan Kutub Selatan memiliki luas melebihi Benua Eropa. Meski punya wilayah yang luas, tak ada penduduk asli yang tinggal di Antartika.

Sebanyak 99 persen lahan di Antartika membeku. Gurun terbesar di dunia itu memiliki luas 13.829.430 kilometer persegi, atau sekitar 1,3 kali lebih luas dari Eropa. Di masa musim panas, 99 persen kawasannya ditutupi es.

Bahkan di sebagian tempat, ketebalan esnya bisa mencapai 5.000 meter. Dilansir dari DW.com, suhu terendah yang pernah terukur di Antartika yakni -98,6 derajat celcius. 

Antartika merupakan benua paling dingin di dunia. Tidak ada hujan dan tidak turun salju sepanjang tahun. Benua ini juga jadi yang paling kering dan berangin. Kecepatan anginya lebih dari 250 kilometer per jam.

Kawasan Kutub Selatan membentang di seluruh garis bujur, yang bertemu di kutub selatan. Kawasan ini juga membentang di seluruh zona waktu di Bumi. 

Tak ada kejelasan waktu yang dijadikan patokan. Sebagian besar stasiun penelitian berorientasi pada waktu di negara asalnya.

Orang yang tinggal di Antartika merupakan para peneliti dari berbagai negara. 

Saat musim panas, ada 4.000 peneliti yang menetap. Sedangkan pada musim dingin, hanya ada 1.000 peneliti. Mereka tinggal di 80 stasiun penelitian. 

Penduduk asli di Antartika merupakan hewan kecil berukuran tujuh milimeter. Hewan itu berukuran paling besar yang hidup di Kutub Selatan. 
Hewan itu adalah nyamuk Belgica Antarctica. Butuh waktu dua tahun dari larva hingga berukuran dewasa. Sebagian besar hidupnya terkubur di dalam es.

Tak ada beruang es di Kutub Selatan. Hanya ada penguin di Antartika. Dari 17 spesies penguin, empat di antaranya tinggal di sana. salah satunya yakni Penguin Kaisar atau Aptenodytes Forsteri. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *