Sesar Garsela Sebabkan Gempa Bumi 4,1 M di Bandung

Sesar Garsela Sebabkan Gempa Bumi 4,1 M di Bandung

Sesar Garsela menjadi penyebab gempa bumi di Kabupaten Bandung. Belum banyak yang mengetahui adanya lempeng Garsela di Jawa Barat.

Gempa Bumi Terasa Hingga Garut

Konten.co.id (Bandung) – Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Gempa juga terasa hingga wilayah Kabupaten Garut.

Dari rilis BMKG, gempa terjadi pukul 13.08 WIB, Senin (11/2/2019). Gempa yang terjadi merupakan gempa tektonik. Yakni gempa karena pergeseran lempeng batuan perut bumi.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan 4,1 magnitudo. Pusat gempa terletak pada koordinat 7,27 LS dan 107,71 BT. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 kilometer Tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa diakibatkan aktivitas Sesar Garsela (Garut Selatan) di sekitar wilayah tersebut.

Dengan memperhatikan lokasi pusat dan kedalaman hiposenter gempa tersebut, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Gempa diakibat aktivitas Sesar Garsela (Garut Selatan) di sekitar wilayah tersebut.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Bojongsoang dan Banjaran, Kabupaten Bandung.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Sampai pukul 13:35 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. (FW)

Ahmad
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *