Sabar, Gaji Kades dan Perangkatnya Batal Naik Tahun Ini

Sabar, Gaji Kades dan Perangkatnya Batal Naik Tahun Ini

Pemerintah sudah mengesahkan APBN 2019, sehingga untuk kenaikan gaji Kades dan perangkat desa belum bisa dilakukan pada anggaran tahun 2019.

Tahun Ini, Menkeu Rencanakan Kenaikan Gaji Kades dan Perangkat Desa Tahun 2020

Konten.co.id (Jakarta) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mengeluarkan kebijakan terkait mundurnya realisasi penyetaraan gaji para Kepala dan Perangkat Desa Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan II A.

Hal tersebut dikarenakan pemerintah sudah menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBD) tahun 2019. Gaji Kades dan perangkat desa belum termasuk dalam penganggaran.

Para Kades dan perangkatnya harus bersabar. Pasalnya, rencana penyetaraan gaji akan terealisasi Bulan Januari 2020.

Menkeu menilai, apabila gaji perangkat desa dipaksakan naik tahun ini, hal itu akan berdampak besar terhadap perubahan disposisi APBN dan APBD. Jika direalisasikan, perlu adanya penyesuaian ulang terhadap kapasitas keuangan pusat, daerah, maupun di desa.

“Untuk tidak menciptakan disruption atau perubahan dalam anggaran, terutama di APBD, maka untuk pelaksanaan transisi di 2019 ini akan dilihat lagi dari sisi konteks kapasitas keuangannya, gitu aja,” jelas Sri Mulyani, sebagaimana dilansir dari laman CNBC Indonesia, Rabu (20/2/2019).

Para Kades dan perangkatnya harus bersabar. Pasalnya, rencana penyetaraan gaji akan terealisasi Bulan Januari 2020.

“Kalau untuk 2020 pasti mulainya Bulan Januari karena itu sudah mulai direncanakan di dalam anggaran untuk 2019. Karena kita sudah bisa rencanakan dari sekarang, maka nanti perhitungan mengenai siltap (penghasilan tetap/ gaji)sudah bisa kita masukkan untuk perhitungan DAU (Dana Alokasi Umum) , sehingga mereka bisa melaksanakan transfer ADD (Alokasi Dana Desa) ke desa,” pungkasnya. (ME)

Ahmad
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *