Pakai Konsultan Asing, Kenapa Jokowi Tuding Kubu Lawan?

Pakai Konsultan Asing, Kenapa Jokowi Tuding Kubu Lawan?

Daftar nama Joko Widodo sebagai klien konsultan asing tertulis di laman www.political-strategist.com

Nama Joko Widodo Masuk Daftar Klien Stanley Greenberg

Konten.co.id (Jakarta) – Nama Calon Presiden petahana Joko Widodo masuk daftar nama yang pernah mendapat jasa konsultan politik asing.

Menurut Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, menduga jika kubu Jokowi menggunakan Stanley Greenberg sebagai konsultan politik.

Andre membantah menuduh Jokowi karena tidak ingin melakukan fitnah. “Kami menunggu klarifikasi. Kalau memang pernah, kenapa harus risih?” kata Andre kepada seperti dilansir dari Tempo, Rabu (6/2/2019).

Berdasarkan artikel yang ada di www.political-strategist.com. Sosok Greenberg merupakan seorang konsultan politik, peneliti, dan penulis buku. Kliennya tersebar mulai dari politikus, partai politik, korporasi, hingga organisasi akar rumput. 

Ia merupakan pendiri dan CEO di perusahaan yang bergerak di bidang riset dan konsultasi, Greenberg Quinlan Rosner Research di Washington DC.

Sejumlah daftar nama politikus dunia yang pernah menjadi klien Greenberg diposting dalam laman website www.political-strategist.com. 

BPN Minta Klarifikasi TKN soal dugaan Jokowi yang masuk daftar nama klien konsultan asing

Mulai dari Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton; Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela; Wakil Presiden Amerika Serikat, Al Gore; Perdana Menteri Inggris, Tony Blair; Senator Amerika Serikat, John Kerry; Kanselir Jerman, Gerhard Shroder; sampai Presiden RI, Joko Widodo.

Sementara itu, Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Ahmad Rofiq menilai tuduhan kubu Prabowo sangat tidak berdasar dan terlalu mengada-ada.

“Aneh juga kalau memakai konsultan,” ujar Rofiq. 

Menurutnya, Jokowi sudah berbuat sesuatu, sudah melakukan program dan sangat tahu apa yang mesti dilakukan. Politikus Perindo ini menegaskan, Jokowi juga tidak menggunakan konsultan asing di Pilpres 2019.

“Tidak ada keterlibatan konsultan asing dalam hal apapun,” katanya.

Sebelumnya, calon presiden petahana Joko Widodo mengatakan, terdapat pihak memakai jasa konsultan politik asing pada Pemilu 2019.

Meski Jokowi tak sebut siapa yang dimaksud pihak pengguna dan konsultan tersebut, namun Capres 01 ini menilai ada strategi ‘propaganda Rusia’.

Pihak asing itu menyebarkan kebohongan sebanyak-banyaknya, dan buat keraguan di kalangan masyarakat.

“Memang teorinya seperti itu. Yang dipakai konsultan asing. Enggak mikir ini memecah belah rakyat atau tidak, enggak mikir mengganggu ketenangan rakyat atau tidak, membuat rakyat khawatir atau tidak, membuat rakyat takut. Enggak peduli,” kata Jokowi. 

Tudingan itu diperkuat dengan beredarnya foto di media sosial terkait keberadaan Rob Allyn pada debat Capres 17 januari lalu. Rob Allyn merupakan konsultan politik Presiden AS Donald Trump. (ME)

Infografis Pakai Konsultan Asing, Kenapa Jokowi Tuding Kubu Lawan www.konten.co.id
Infografis saling tuding konsultan asing

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *