Mourinho Diputus Bersalah oleh Pengadilan Spanyol

Mourinho Diputus Bersalah oleh Pengadilan Spanyol

Spanyol tengah gencar menyelamatkan dana pajak yang digelapkan. Bintang dan pelatih sepak bola pun jadi sasaran pemerintah Spanyol.

Mourinho Gelapkan Pajak Hingga Rp 52,2 Miliar

Konten.co.id (Spanyol) – Skandal pajak di Spanyol tak hanya menjerat nama-nama besar pemain sepak bola. Namun mantan pelatih Real Madrid, Jose Mourinho juga terkena kasus serupa.

Mou dituduh menggelapkan pajak selama melatih Real Madrid pada 2011-2012. Total pajak yang digelapkan eks manajer Manchester United sebesar Rp 52,2 miliar.

Pengadilan spanyol menjatuhkan hukuman penjara satu tahun. Namun hukuman kurungan itu tak berlaku jika menyetujui pembayaran denda.

Dari putusan pengadilan, Mou harus membayar denda sebesar Rp 2,8 miliar. Ditambah denda terpisah sebesar Rp 31,6 miliar.

Hukum di Spanyol memberlakukan putusan kurang dari dua tahun untuk pelanggar tanpa kekerasan atau baru pertama kali berurusan dengan hukum.

Putusan pengadilan itu pun disepakati Mou dengan membayar sejumlah denda yang sudah ditetapkan.

Menurut jaksa yang menuntut Mou, ia membuat sebuah perusahaan untuk menyembunyikan pendapatan dari pejabat pajak. Mou membuat sebuah perusahaan yang mengelola hak gambar.

“Hak gambar mencakup penggunaan rupa, suara, tanda tangan, dan tingkah laku seseorang. Hal itu sangat menguntungkan bagi pemain sepak bola dan manajer,” ucapnya dilansir dari BBC.

Kepindahan Mourinho ke Manchester United pada 2016 bahkan tertunda setelah Chelsea muncul. Pasalnya klub asal London itu memiliki merek dagang atas nama Mou.

Jaksa penuntut Spanyol mengatakan bahwa Mourinho, yang berkebangsaan Portugal, telah mendirikan banyak badan usaha di Kepulauan Virgin Inggris dan di tempat lain untuk mengelola hak citranya.

Mereka berpendapat bahwa itu dirancang untuk mengaburkan keuntungan finansialnya. Ia membiarkannya tidak diumumkan dalam laporan pajaknya setelah pindah ke Spanyol.

Pada bulan Januari, Cristiano Ronaldo menerima denda Rp 298 miliar dan hukuman penjara 23 bulan yang ditangguhkan, dalam kasus yang juga berpusat di sekitar pajak. (FW)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan